Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menkes Terawan Berharap RS Lapangan Indrapura Tak Banyak Pasien

Menteri kesehatan berharap angka pasien Covid-19 di Jatim berkurang sehingga RS Lapangan Indrapura pun tak harus melayani banyak pasien.
Menkes Terawan saat menghadiri peresmian Rumah Sakit Lapangan Indrapura, di Surabaya, Jawa Timur/Humas BNPB
Menkes Terawan saat menghadiri peresmian Rumah Sakit Lapangan Indrapura, di Surabaya, Jawa Timur/Humas BNPB

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto berharap kasus infeksi virus Corona di Jawa Timur segera menurun. Dengan begitu, rumah sakit yang ada tidak perlu melayani banyak pasien Covid-19.

Menkes Terawan berada di Surabaya, Jatim, mendampingi Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo meresmikan Rumah Sakit Lapangan Indrapura.

Kehadiran Rumah Sakit Lapangan di Provinsi Jawa Timur itu dimaksudkan untuk memperkuat pelayanan kesehatan terkait Covid-19 di Kota Surabaya dan sekitarnya.

Terawan mengapresiasi etos kerja pemerintah daerah dalam mendirikan Rumah Sakit Darurat khusus Covid-19 tersebut.

“Saya bangga atas etos kerja teman-teman dalam berupaya membuat rumah sakit ini. Saya berdoa semoga Rumah sakit ini tidak banyak penghuninya,” kata Terawan seperti dikutip dalam keterangan tertulis yang diterima Bisnis, Rabu (3/6/2020).

Terawan juga berharap rumah sakit lapangan tersebut tidak banyak memiliki pasien yang dirawat dan angka kasus Covid-19 dapat segera turun dan dikendalikan dengan baik.

“Mudah-mudahan kasus di Jatim segera turun,” imbuh Terawan.

Terawan berjanji pihaknya bersama seluruh komponen dalam Gugus Tugas akan turut hadir dan mendampingi upaya pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Kami akan selalu hadir di tengah masyarakat termasuk di Jawa Timur. Kami mengerti dan kami juga merasakan apa yang sedang kita rasakan,” tuturnya.

Rumah Sakit Lapangan Indrapura saat ini telah memiliki 271 tempat tidur yang tersedia di tenda, ruangan besar atau hall, dan di dalam gedung.

Kapasitas tersebut masih dapat dikembangkan secara bertahap dengan total maksimal hingga 512 tempat tidur.

Operasional Rumah Sakit Lapangan Indrapura direncanakan selama enam bulan terhitung dari Juni hingga November 2020.

Kemudian untuk pinjam pakai dialokasikan selama 12 bulan, terhitung mulai Juni 2020 hingga Mei 2021.

Dalam kegiatan operasionalnya, Rumah Sakit Lapangan Provinsi Jawa Timur itu berada di bawah kendali Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Jawa Timur dengan pendampingan dari RSUD Dr. Soetomo serta supervisi Kementerian Kesehatan melalui Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur.

Sejumlah pejabat hadir dan mendampingi acara peresmian RS Lapangan tersebut. Mereka di antaranya Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak, Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Muhammad Fadil, Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Widodo Iryansyah, serta seluruh pejabat daerah setempat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper