Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kematiannya Picu Aksi Protes Massal di AS, Ini Sosok George Floyd

George Floyd lahir di North Carolina dan tinggal di Houston, Texas, ketika dia masih muda. Dia pindah ke Minneapolis beberapa tahun lalu untuk mencari pekerjaan,
Demonstrasi di Minneapolis, Amerika Serikat pada Selasa (26/5/2020) memprotes kematian George Floyd. (Carlos Gonzalez - Star Tribune melalui Getty Images)
Demonstrasi di Minneapolis, Amerika Serikat pada Selasa (26/5/2020) memprotes kematian George Floyd. (Carlos Gonzalez - Star Tribune melalui Getty Images)

Bisnis.com, JAKARTA - Aksi demonstrasi massal terjadi di Amerika Serikat yang dipicu oleh kematian George FloydGelombang protes besar-besaran di Negeri Paman Sam itu menuntut otoritas mengakhiri kebrutalan polisi dan kekerasan rasial.

Lantas siapakah George Floyd? Dia adalah seorang pria kulit hitam tidak bersenjata yang meninggal setelah seorang polisi Minneapolis berlutut di lehernya selama lebih dari delapan menit ketika dia mengatakan kepada para polisi, "Saya tidak bisa bernapas."

Dikutip dari Sky News, (30/5/2020), George Floyd pindah ke Minneapolis setelah dibebaskan dari penjara dan dikenal sebagai 'raksasa lembut' yang berusaha mengubah hidupnya.

Pria berusia 46 tahun itu lahir di North Carolina dan tinggal di Houston, Texas, ketika dia masih muda tetapi pindah ke Minneapolis beberapa tahun yang lalu untuk mencari pekerjaan, menurut teman seumur hidupnya, Christopher Harris.

Dia dikenal sebagai orang yang dicintai dan dijuluki 'Big Floyd', dan merupakan ayah dari seorang anak perempuan berusia enam tahun yang tinggal di Houston bersama ibunya, Roxie Washington.

Roxie Washington memberi tahu Houston Chronicle bahwa ia adalah ayah yang baik ketika mereka membesarkan putri mereka, Gianna, bersama-sama. Floyd juga meninggalkan seorang pacar, Courteney Ross, yang mengatakan dia sangat terpukul atas kematiannya.

"Bangun pagi ini untuk melihat Minneapolis terbakar adalah sesuatu yang akan menghancurkan Floyd. Dia mencintai kota (ini). Dia datang ke sini (dari Houston) dan tinggal di sini karena orang-orangnya dan mencari penghidupan," katanya kepada Star Tribune.

Selama mengenyam pendidikan di sekolah, Floyd dikenal sebagai atlet sepak bola dan bola basket berbakat. Salah satu mantan teman sekelas Floyd, Donnell Cooper, mengatakan ia memiliki kepribadian yang tenang tapi semangat yang lembut.

Menurut Washington, Floyd tidak menyelesaikan sekolah dan mulai membuat musik dengan grup hip-hop yang bernama Screwed Up Click.

Setelah berjuang mencari pekerjaan di Houston, dia meninggalkan kota menuju Minneapolis. Di sana, ia bekerja dua pekerjaan, satu mengemudi truk dan satu lagi sebagai penjaga keamanan di restoran Amerika Latin Conga Latin Bistro.

Seorang pelanggan Conga, Jessi Zendejas, mengatakan di Facebook bahwa Floyd sangat menyukai pelukan dari pelanggan tetapnya, menurut Star Tribune.

"(Dia) akan marah jika kamu tidak berhenti untuk menyambutnya karena dia jujur suka melihat semua orang dan melihat semua orang bahagia," katanya.

Komentar serupa diutarakan teman Floyd, Oscar Smallwood. "Raksasa yang lembut telah mendapatkan sayapnya, tidak mendapat kesempatan untuk mengatakan Aku Mencintaimu!."

Menurut dokumen pengadilan, Floyd didakwa pada 2007 dengan perampokan bersenjata di rumah. Dia dijatuhi hukuman lima tahun penjara setelah banding pada tahun 2009.

Dalam sebuah video baru-baru ini di media sosial, dia berbicara menentang kekerasan senjata. "Kita jelas kehilangan generasi muda kita," jelasnya.

Pada hari Senin 25 Mei, leher Floyd dijepit ke aspal oleh petugas polisi bernama Derek Chauvin ketika ditangkap karena diduga menggunakan uang kertas palsu pecahan US$20 (sekitar Rp300 ribu) di sebuah toko.

Dalam rekaman penangkapan, George Floyd dapat terdengar mengatakan dia tidak bisa bernapas, sebelum dia terlihat diangkat ke tandu dan masuk ke ambulans. Dia dinyatakan meninggal di rumah sakit.

Derek Chauvin telah didakwa dengan pembunuhan tingkat tiga dan pembunuhan, sementara tiga petugas lainnya yang terlibat dalam penangkapan George Floyd dipecat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper