Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ungkapan Duka Barrack Obama Atas Kematian George Floyd

Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengatakan ia berbagi "kesedihan" yang dirasakan banyak orang tentang George Floyd, seorang pria kulit hitam yang meninggal dalam tahanan polisi di Minnesota.
Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama memberi sambutan dalam Kongres Diaspora Indonesia ke-4 di Jakarta, Sabtu (1/7)./ANTARA-Rosa Panggabean
Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama memberi sambutan dalam Kongres Diaspora Indonesia ke-4 di Jakarta, Sabtu (1/7)./ANTARA-Rosa Panggabean

Bisnis.com, JAKARTA - Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengatakan ia berbagi "kesedihan" yang dirasakan banyak orang tentang George Floyd, seorang pria kulit hitam yang meninggal dalam tahanan polisi di Minnesota.

Kematian Floyd telah memicu protes selama berhari-hari di Minneapolis. Presiden Trump menyalahkan kerusuhan pada "penjahat" dalam tweet yang kemudian disembunyikan oleh Twitter karena "mengandung kekerasan." Berikut pernyataan Obama, dikutip dari laman Facebook Barrack Obama, Sabtu (30/5/2020):

“Saya ingin berbagi bagian dari percakapan saya dengan teman-teman selama beberapa hari terakhir tentang rekaman George Floyd sekarat di jalan di bawah lutut seorang petugas polisi di Minnesota.

Yang pertama adalah email dari pengusaha Afrika Amerika setengah baya. "Sobat, saya harus memberi tahu Anda bahwa insiden George Floyd di Minnesota terluka. Saya menangis ketika saya melihat video itu. Itu menghancurkan saya. 'Lutut di leher' adalah metafora tentang bagaimana sistem yang begitu angkuh menahan orang kulit hitam, mengabaikan teriakan minta tolong. Orang tidak peduli. Sungguh tragis. "

Teman saya yang lain menggunakan lagu yang menjadi viral dari Keedron Bryant yang berusia 12 tahun untuk menggambarkan frustrasi yang dia rasakan. Keadaan teman saya dan Keedron mungkin berbeda, tetapi kesedihan mereka sama. Ini dibagikan oleh saya dan jutaan lainnya.

Wajar jika berharap untuk hidup "untuk kembali normal" ketika pandemi dan krisis ekonomi membuat semua orang di sekitar kita terganggu. Tetapi kita harus ingat bahwa bagi jutaan orang Amerika, diperlakukan secara berbeda karena ras adalah tragis, menyakitkan, sangat menjengkelkan - apakah itu ketika berhadapan dengan sistem perawatan kesehatan, atau berinteraksi dengan sistem peradilan pidana, atau berolahraga atau hanya menonton burung di taman.

Ini seharusnya tidak "normal" di Amerika 2020. Itu tidak mungkin "normal." Jika kita ingin anak-anak kita tumbuh di negara yang hidup dengan cita-cita tertingginya, kita dapat dan harus menjadi lebih baik.

Ini akan menjadi tanggung jawab terutama pada para pejabat Minnesota untuk memastikan bahwa keadaan di sekitar kematian George Floyd diselidiki secara menyeluruh dan bahwa keadilan pada akhirnya dilakukan.

Tapi itu tanggung jawab itu jatuh pada kita semua, terlepas dari ras termasuk sebagian besar pria dan wanita dalam penegakan hukum yang bangga melakukan pekerjaan berat mereka dengan cara yang benar, setiap hari - untuk bekerja bersama untuk menciptakan kehidupan "normal baru" di mana warisan kefanatikan dan perlakuan yang tidak sama tidak lagi menginfeksi lembaga atau hati kita.”

Unggahan Barrack Obama di Facebook ini viral dan telah dibagikan sebanyak 82.000 kali, serta mendapatkan 286.000 like, 10 ribu komentar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper