Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Amazon Akan Akuisisi Perusahaan Startup Kendaraan Otonom

Amazon.com Inc. tengah bernegosiasi untuk mengakuisisi perusahaan startup kendaraan otonom, Zoox Inc., menurut salah satu sumber yang mengetahui rencana ini.
Truk Amazon di fasilitas Fullfillment Center di Baltimore, AS/ Bloomberg-Andrew Harrer
Truk Amazon di fasilitas Fullfillment Center di Baltimore, AS/ Bloomberg-Andrew Harrer

Bisnis.com, JAKARTA – Amazon .com Inc. tengah bernegosiasi untuk mengakuisisi perusahaan startup kendaraan otonom, Zoox Inc., menurut salah satu sumber yang mengetahui rencana ini.

"Zoox telah menerima penawaran transaksi strategis dari berbagai pihak dan telah bekerja sama dengan Qatalyst Partners untuk mengevaluasi minat tersebut," kata Zook, seperti dikutip Bloomberg.

Zook menolak untuk mengomentari minat Amazon tersebut. Sementara itu, pihak Amazon sendiri belum memberikan keterangan mengenai rencana ini.

Zoox telah mendapatkan dukungan finansial. Startup ini meraih investasi sekitar US$1 miliar dan berencana membangun mobil tanpa pengemudi pada tahun ini. Namun, setelah putaran pendanaan 2018 yang membuat valuasi Zook melonjak jadi US$3,2 miliar, dewan direksi perusahaan memilih untuk menggulingkan Chief Executive Officer Tim Kentley-Klay.

Tim mengkritik langkah itu dan mengatakan para direktur mengoptimalkan sedikit modal di tangan dengan mengorbankan kemajuan yang telah dicapai.

Dow Jones melaporkan bahwa Amazon sedang dalam pembicaraan lanjutan untuk mengakuisisi Zoox dengan nilai kurang dari valuasi perusahaan senilai US$ 3,2 miliar pada 2018.

Amazon bersedia mengeluarkan banyak uang untuk mengotomatiskan bisnis e-commerce-nya. Raksasa ritel online itu mengakuisisi produsen robot pergudangan Kiva Systems Inc. pada 2012 dengan nilai US$775 juta dan sekarang memiliki puluhan ribu robot di gudang di seluruh dunia.

Mempekerjakan kurir untuk mengirimkan paket masih merupakan salah satu komponen biaya terbesar dalam operasional perusahaan. Chief Executive Officer Jeff Bezos mengumumkan rencana untuk melakukan pengiriman dengan drone pada 2013, meskipun belum terwujud dalam skala besar.

Tahun lalu, Amazon mengungkapkan robot pengiriman eksperimental yang disebut Scout di wilayah Seattle yang mampu berjalan di trotoar seperti kereta belanja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper