Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menteri LHK: Rezeki Masa Pandemi Covid-19, Kelahiran Satwa-satwa Dilindungi

Bertepatan dengan momentum Hari Keanekaragaman Hayati (Kehati) Dunia yang jatuh pada 22 Mei dan Idulfitri pada 24 Mei 2020, kabar gembira datang dari lembaga konservasi (LK) Taman Safari Indonesia (TSI) Cisarua.
Bayi orang utan bernama Fitri ini merupakan orang utan Kalimantan (Pongo pygmaeus) dari induk Evi dan jantan Ipung, lahir di lembaga konservasi Taman Safari Indonesia (TSI) Cisarua./Istimewa
Bayi orang utan bernama Fitri ini merupakan orang utan Kalimantan (Pongo pygmaeus) dari induk Evi dan jantan Ipung, lahir di lembaga konservasi Taman Safari Indonesia (TSI) Cisarua./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Bertepatan dengan momentum Hari Keanekaragaman Hayati  (Kehati) Dunia yang jatuh pada 22 Mei dan Idulfitri pada 24 Mei 2020, kabar gembira datang dari lembaga konservasi (LK) Taman Safari Indonesia (TSI) Cisarua.

“Alhamdulillah, di hari yang bahagia sekaligus prihatin dengan situasi pandemi Covid-19, telah lahir jam 05.00 pagi tadi bayi orang utan betina,” ujar Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya di kediamannya di Jakarta, Senin siang (25/5/2020).

Bayi orang utan ini merupakan orang utan Kalimantan (Pongo pygmaeus) dari induk Evi dan jantan Ipung.

“Saya namai Fitri. Saya mencatat bahwa selama penutupan lembaga konservasi dan berlangsungnya penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), banyak satwa yang lahir di lembaga konservasi, antara lain gajah Sumatra di TSI Cisarua dan Gembira Loka Yogyakarta, komodo (12 ekor), burung Kasturi Raja (1 ekor), orang utan Fitri di TSI Cisarua, Tarsius (1 ekor) di Faunaland Ancol, Kasuari (3 ekor) di R Zoo and Park di Sumatra Utara, serta satwa- satwa eksotik lainnya seperti jerapah, zebra, dan common marmoset.

Ini menandakan bahwa pengelola lembaga konservasi telah menerapkan kesejahteraan satwa dengan baik sehingga satwa dapat berkembang biak secara alami dan telah menjalankan fungsinya sebagai tempat pengembangbiakan di luar habitat yang tetap mempertahankan kemurnian genetiknya,” ujarnya.

Melalui program captive breeding ini, konservasi ex-situ link to in-situ diharapkan bisa dijalankan dan pada akhirnya peningkatan populasi in-situ dapat tercapai.

Hal ini juga dibuktikan oleh KLHK dengan telah melakukan pelepasliaran satwa ke habitat alaminya dari pusat rehabilitasi, pusat penyelamatan, dan unit konservasi satwa lainnya sebanyak 214.154 individu sejak tahun 2016-2020.

Siti menjelaskan bahwa peningkatan populasi dapat dilakukan dengan membuat kantung-kantung baru populasi satwa dan menyelamatkan metapopulasi satwa yang sudah ada.

Metapopulasi adalah kelompok populasi yang secara spasial terpisah dari jenis yang sama dan berinteraksi pada beberapa tingkatan.

“Untuk itu, saya (sedang) kembangkan kebijakan untuk mendorong adanya konektivitas kantung-kantung satwa melalui pengembangan sistem kawasan lindung yang mencakup areal yg bernilai konservasi tinggi di konsesi-konsesi sektor kehutanan dan perkebunan. KLHK telah mengidentifikasi ada 1,4 juta area bernilai konservasi tinggi yang bisa masuk dalam sistem kawasan yang dilindungi,” katanya.

Dia menjelaskan, pada tingkat spesies, Indonesia telah telah menyusun peta jalan untuk memulihkan populasi 25 spesies target yang terancam punah.

“Melalui lebih dari 270 lokasi pemantauan, beberapa populasi spesies meningkat dalam lokasi pemantauan tersebut, seperti jalak Bali, harimau Sumatra, badak Jawa, gajah Sumatra, dan elang Jawa,” tegas Siti.

Pada tingkat genetik, Indonesia telah mempromosikan bioprospeksi (bioprospecting) untuk keamanan dan kesehatan pangan, seperti Candidaspongia untuk antikanker, dan gaharu untuk disinfektan, yang produksinya telah ditingkatkan selama pandemi Covid-19 ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Herdiyan
Editor : Herdiyan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper