Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) 2020 Bakal Terapkan Protokol Kesehatan

Memaksimalkan pelaksanaan Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) 2020, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah menyiapkan protokol pelaksanaan dalam kondisi pandemi Covid-19.
Laman pengumuman hasil UTBK SBMPTN/ltmpt.ac.id
Laman pengumuman hasil UTBK SBMPTN/ltmpt.ac.id

Bisnis.com, JAKARTA - Memaksimalkan pelaksanaan Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) 2020, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah menyiapkan protokol pelaksanaan dalam kondisi pandemi Covid-19.

Dilansir dari laman media sosial resmi LTMPT pada Minggu (24/5/2020), protokol pelaksanaan tersebut akan dibagi ke dalam tiga bagian yakni sebelum pelaksanaan ujian, pada pelaksanaan ujian, pasca pelaksanaan ujian.

Sebelum pelaksanaan ujian, peserta diwajibkan menggunakan masker dan sebelum masuk ruang ujian peserta harus dipastikan dalam kondisi sehat dan telah melalui prosedur pemeriksaan protokol kesehatan.

Pada saat pelaksanaan ujian, apabila peserta merasakan indikasi permasalahan kesehatan dalam pelaksanaan ujian, harus tetap mengikuti protokol kesehatan. Begitupun juga ketika selesai mengikuti ujian, para peserta akan keluar dari ruang ujian dengan mengikuti protokol kesehatan.

Nantinya lokasi pelaksanaan UTBK 2020, akan dilaksanakan di 74 pusat UTBK PTN, dari tanggal 5 Juli hingga 12 Juli 2020,- dan pengumuman hasil UTBK pada tanggal 25 Juli. Peserta dianjurkan mengikuti tes di pusat UTBK di kota nya masing-masing. Untuk lokasi kota dan tanggal tes, calon peserta bisa mengakses website resmi LTMPT 2020.

Sebelumnya, Ketua Tim Pelaksana LTMPT, Mohammad Nasih menyatakan pelaksanaan UTBK 2020 akan tetap dilakukan sesuai jadwal semula dengan beberapa ketentuan perubahan.

Proses pendaftaran UTBK dan SBMPTN akan dilakukan dari tanggal 2 hingga 20 Juni. Pelaksanaan UTBK akan dilakukan pada tanggal 5 hingga 21 Juli, dan Pengumuman SBMPTN pada tanggal 25 Juli.

Hal ini seperti yang tertulis dalam surat edaran Tim Pelaksana LTMPT Nomor 11/SE.LTMPT/2020 tentang perubahahan jadwal pelaksanaan UTBK 2020.

“Materi tes yang di ujikan adalah tes potensi skolastik (TPS), dan setiap peserta hanya diijinkan maksimal mengambil satu kali tes. Serta pelaksanaan tes akan dilakukan dalam empat sesi setiap hari” Ujar Nasih

Pendaftaran UTBK dan SBMPTN oleh peserta dilakukan satu kali atau secara bersamaan. Peserta harus memilih lokasi tes pusat UTBK dan memilih PTN dan program studi tujuan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Devi Sri Mulyani
Editor : Ropesta Sitorus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper