Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Luncurkan Rapid Test, Ventilator, PCR Test Kit untuk Covid-19 Buatan Indonesia

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan peluncuran produk riset, teknologi dan inovasi untuk percepatan penanganan Covid-19 seperti rapidt test, AI, PCR test kit, emergency ventilator.
Vent-I (Ventilator Indonesia)./ Humas ITB
Vent-I (Ventilator Indonesia)./ Humas ITB

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan peluncuran produk riset, teknologi dan inovasi untuk percepatan penanganan Covid-19. Beberapa di antaranya dapat diproduksi hingga 100.000 unit

Sebanyak 55 Produk hasil riset dan pengembangan anak bangsa tersebut dilakukan oleh berbagai lembaga penelitian termasuk perguruan tinggi.

Jokowi mengklaim sejumlah produk tersebut sudah siap produksi, di antaranya rapid test yang dapat diproduksi massal hingga 100.000 unit.

“Ada rapid test yang waktu saya tanya bisa diproduksi berapa, sudah kira-kira 100.000 unit [diproduksi]. PCR test kit apa sudah diproduksi, sudah dapat diproduksi di atas 100.000,” katanya saat peluncuran virtual, Rabu (20/4/2020).

Beberapa produk lain yang disebutkan Presiden adalah artificial intelligent (AI) pendeteksi Covid-19, emergency ventilator hingga imunomodulator. Seluruh produk tersebut telah dapat diproduksi di dalam negeri.

Jokowi menyebut, karya dan inovasi ini diminta tidak hanya berhenti di laboratorium, namun dapat memberikan kontribusi langsung terhadap penanganan Covid-19.

Selain itu, produk karya anak bangsa ini juga menandakan kebangkitan sains dan teknologi dalam negeri khususnya di bidang kesehatan.

“Kita merujuk pada perjuangan dr Cipto Mangunkusumo yang berjuang di garis depan menangani penyakit pes yang mewabah. Hari ini kita patut berbangga dari tangan kita sendiri kita bisa menghasilkan karya yang sangat dibutuhkan,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rayful Mudassir
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper