Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Update Corona DIY: Bertambah 6, Kasus Positif hampir 200, Dipicu Klaster Indogrosir

Jumlah pasien positif tertular Virus Corona (Covid-19) di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)  bertambah enam kasus pada Sabtu (16/5/2020), sehingga akumulasinya menjadi 194 kasus atau mendekati angka 200.
Foto ilustrasi. /Ist-Freepik
Foto ilustrasi. /Ist-Freepik

Bisnis.com, JOGJA - Jumlah pasien positif tertular Virus Corona (Covid-19) di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)  bertambah enam kasus pada Sabtu (16/5/2020), sehingga akumulasinya menjadi 194 kasus atau mendekati angka 200.

Klaster Indogrosir masih jadi mayoritas penambahan kasus Corona hingga hari ini. Juru Bicara Pemda DIY untuk Penanganan Covid-19 Berty Murtiningsih menyebutkan tiga orang laki-laki dengan rentang usia beragam yakni usia 55 tahun, 28 tahun, dan 20 tahun asal Sleman dinyatakan positif Corona berhubungan dengan klaster Indogrosir.

Sleman menjadi Kabupaten dengan perolehan kasus terbanyak. "Selain tiga laki-laki yang erat dengan klaster Indogrosir, satu pria lainnya asal Sleman juga dinyatakan positif yang berhubungan dengan klaster gereja," jelas Juru Bicara Penanganan Covid-19 DIY Berty Murtiningsih pada Sabtu (16/5/2020).

Sementara itu penambahan dua kasus positif Corona lainnya masing-masing asal Gunungkidul dan Bantul. Kasus pasien positif asal Bantul merupakan perempuan usia 23 tahun yang berhubungan dengan klaster Jemaah Tablig.

"Satu kasus positif asal Gunungkidul yakni perempuan usia 58 tahun masih dalam penelusuran terkait dengan klaster mana," jelas Berty.

Sebelumnya Berty menjelaskan perempuan asal Gunungkidul tadi masuk dalam Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Namun orang yang bersangkutan meninggal pada Senin (11/5/2020) dengan riwayat penyakit jantung. Namun belakangan hasil laboratorium pasien tersebut menunjukkan positif Corona. "Hasil ini menambah rentetan kasus pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia di DIY menjadi delapan kasus," jelasnya.

Pada hari ini Sabtu (16/5/2020) juga dilaporkan enam pasien sembuh. Adapun lima pasien sembuh yang dinyatakan negatif dua kali berdasarkan hasil swab merupakan pasien asal Gunungkidul. Tiga pasien sembuh berjenis kelamin laki-laki dengan usia 70 tahun, 50 tahun, dan 30 tahun. Sementara dua pasien sembuh asal Gunungkidul merupakan perempuan usia 52 tahun dan 10 tahun. Sementara satu pasien sembuh lainnya merupakan perempuan asal Bantul berusia 40 tahun.

"Dengan demikian jumlah akumulasi pasien sembuh Covid-19 di Jogja bertambah menjadi 78 orang," jelas Berty.

Saat ini masih ada sebanyak 183 PDP dirawat di DIY dari jumlah 1266 PDP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Catur Dwi Janati
Editor : Sutarno
Sumber : Harianjogja.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper