Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pedoman Salat Idulfitri Berjemaah atau Sendirian di Rumah Menurut MUI  

Majelis Ulama Indonesia (MUI) dalam fatwanya menegaskan salat Idulfitri di rumah dapat dilaksanakan secara berjamaah atau sendiri lantaran pandemi Covid-19.
Majelis Ulama Indonesia (MUI)
Majelis Ulama Indonesia (MUI)

Bisnis.com, JAKARTA - Majelis Ulama Indonesia (MUI) dalam fatwanya menegaskan salat Idulfitri di rumah dapat dilaksanakan secara berjamaah atau sendiri lantaran pandemi Covid-19.

Salat Idulfitri yang dilaksanakan di rumah dapat dilakukan secara berjamaah dan dapat dilakukan secara sendiri, dikutip dari fatwa yang dikeluarkan Komisi Fatwa MUI, Rabu (13/5/2020).

Komisi Fatwa MUI menyatakan salat berjamaah Idulfitri di rumah, minimal diikuti oleh 4 orang. Satu orang menjadi imam dan 3 orang menjadi makmum. Kaifiat salat Idulfitri berjamaah di rumah mengikuti tata cara salat sebagaimana dilakukan di masjid atau musala.

Berikut panduannya:

1.  Sebelum salat, disunahkan memperbanyak membaca takbir, tahmid dan tasbih;

2.  salat dimulai dengan menyerukan ‘ash-shalata jamiah’, tanpa azan dan iqamah;

3.  memulai dengan niat salat Idulfitri, membaca takbiratul ihram, membaca Al-Fatihah, dilanjutkan ruku, sujud, duduk di antara dua sujud dan seterusnya hingga berdiri lagi seperti salat biasa.

4.  Pada rakaat kedua, sebelum membaca Al Fatihah, disunahkan membaca takbir sebanyak 5 kali sambil mengangkat tangan; lalu membaca surat Al Fatihah diteruskan membaca surah pendek dari Alquran. Selanjutnya ruku, sujud, hingga salam.

5.  Setelah salam, disunahkan mendengarkan kutbah Idulfitri oleh khatib.

6.  Jika jumlah jemaah kurang dari empat atau tidak ada yang punya kemampuan berkutbah, salat Idulfitri berjamaah boleh dilakukan tanpa khotbah.

7.  Kalau dilakukan secara sendiri, salat dimulai dengan membaca niat dan bacaan salat dilantunkan secara pelan. Tata cara pelaksanaan salat dilakukan sama seperti kaifiat salat Idulfitri secara berjamaah, namun tidak ada khotbah.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Aziz Rahardyan
Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper