Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tesla Diizinkan Buka Kembali Pabrik di California, Ini Syaratnya

Pemerintahan wilayah Califormia mengijinkan Tesla Inc untuk mempersiapkan pembukaan kembali satu-satunya pabrik mobil mereka di AS pekan depan depan.
Pendiri SpaceX Elon Musk. /Reuters
Pendiri SpaceX Elon Musk. /Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintahan wilayah Califormia mengijinkan Tesla Inc untuk mempersiapkan pembukaan kembali satu-satunya pabrik mobil mereka di AS pekan depan depan.

Dilansir Bloomberg, petugas kesehatan untuk Alameda County mengatakan di Twitter pada Selasa (12/5) bahwa pabrik Tesla dapat dibuka kembali setelah perusahaan mengadopsi rekomendasi tambahan untuk memerangi virus corona dalam rencana keselamatannya. Tesla telah mengirim rencana baru untuk memenuhi tersebut pada hari Senin.

Departemen kesehatan Alameda mengatakan mereka mengadakan "diskusi produktif" dengan Tesla dan meninjau rencana keselamatan dan pencegahan yang akan diberlakukan dan akan mengijinkan kegiatan tambahan untuk bisnis lokal termasuk Tesla pada 18 Mei, asalkan data pencegahan virus menunjukkan kemajuan.

Chief Executive Officer Tesla Elon Musk sebelumnya mengatakan tetap akan memulai kembali produksi di pabrik di Fremont menantang pejabat daerah yang melarang pembukaan pabrik untuk menangkapnya. Sebelumnya pada hari Selasa, dia berterima kasih kepada Presiden Donald Trump karena mendukung pembukaan kembali pabriknya.

"California harus membiarkan Tesla & @elonmusk membuka pabrik, SEKARANG," tulis Trump di Twitter, Selasa (12/5). "Ini bisa dilakukan dengan Cepat & Aman!"

Pemerintah daerah dan enam kota wilayah Teluk San Francisco lainnya telah memutuskan pada akhir April untuk memperpanjang pembatasan terhadap aktivitas bisnis hingga akhir Mei untuk memerangi penyebaran virus corona.

Meskipun Gubernur California Gavin Newsom mengumumkan pekan lalu bahwa ia akan mengijinkan pabrik di sebagian negara bagian dibuka kembali mulai 8 Mei, ia mengatakan pemerintah setempat dapat mempertahankan langkah-langkah yang lebih ketat.

 “Hanya ingin memberikan Anda penghargaan untuk kerja keras agar Tesla sukses. Saya sangat senang melihat pabrik hidup beroperasi kembali dan Anda mewujudkannya!! ” tulis Elon Musk dalam e-mail kepada karyawan, seperti dikutip Bloomberg.

Dua pekerja yang telah kembali bekerja di pabrik mengatakan mereka diharuskan menonton video pelatihan keselamatan. Salah satu di antaranya mengatakan perusahaan membagikan masker dan telah memasang instalasi plexiglass di ruang istirahat.

Pekerja lainnya mengatakan tirai plastik menggantung dari langit-langit sebagai penghalang agar membuat setiap pekerja terpisah satu sama lain dan perusahaan melakukan pengecekan suhu tubuh karyawan menggunakan pemindai termal.

Kata-kata penyemangat Musk yang dikirim melalui email kepada staf menyusul tweet yang mengklaim Tesla akan memindahkan kantor pusatnya dan program-program masa depan ke Nevada atau Texas dan bahkan mungkin berhenti memproduksi di California.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper