Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Singapura Donasikan Perlengkapan Medis untuk Petugas Kesehatan Batam

Bantuan itu berupa 100.000 masker KN95 dan 5.000 liter hand sanitizer siap pakai kepada petugas medis di Batam, Riau.
Petugas dari PMI Kota Batam ketik melakukan penyemprotan cairan desinfektan ke kendaraan mitra Grab Kota Batam pada Jumat (3/4/2020)./Bisnis-Bobi Bani.
Petugas dari PMI Kota Batam ketik melakukan penyemprotan cairan desinfektan ke kendaraan mitra Grab Kota Batam pada Jumat (3/4/2020)./Bisnis-Bobi Bani.

Bisnis.com, JAKARTA - Economic Development Board (EDB) Singapura memberikan bantuan 100.000 masker KN95 dan 5.000 liter hand sanitizer siap pakai kepada petugas medis di Batam dalam upaya bersama menanggulangi pandemi Covid-19.

Dubes RI untuk Singapura Ngurah Swajaya mengapresiasi EDB yang telah mengorganisir 13 perusahaan yang beroperasi di Batam untuk solidaritas mereka dalam rangka membantu para pekerja garis depan dalam penanganan Covid-19.

Ngurah juga menambahkan bahwa Singapura dan Kepulauan Riau, khususnya Batam telah banyak melakukan berbagai kemitraan yang menguntungkan sebelumnya dan berencana untuk melakukan lebih banyak lagi kemitraan di masa depan, utamanya setelah pandemi Covid-19 berlalu.

“EDB diharapkan dapat terus memberikan dukungan kepada Indonesia sehingga transisi ekonomi dapat dilakukan dengan lancar agar perekonomian dapat pulih lebih cepat dan lebih baik yang pada akhirnya akan juga membantu masyarakat kedua negara,” ujarnya seperti dikutip dari siaran pers, Selasa (12/5/2020).

Penyerahan bantuan tersebut dilakukan secara simbolik melalui video conference antara KBRI Singapura dengan EDB dan Pemkot Batam. EDB Singapura adalah dewan resmi pemerintah Singapura yang merencanakan dan melaksanakan strategi untuk mempertahankan Singapura sebagai pusat global terkemuka untuk bisnis dan investasi.

Wali Kota Batam, yang juga merupakan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Batam, juga menyampaikan terima kasih kepada Singapura, yang memiliki hubungan yang sudah sangat dekat dengan Batam, dimana Singapura sejak dari awal telah cepat tanggap untuk mendukung Batam dalam mengatasi pandemi Covid-19.

Chairman EDB, Beh Swan Gin, dalam kesempatan yang sama menyatakan bahwa Singapura dan Batam memiliki hubungan yang lama dan sangat dekat termasuk hubungan people-to-people dan kemitraan ekonomi.

Banyak perusahaan internasional hadir di Batam dan mendapatkan manfaat dari kemitraan dengan Batam. Oleh karena itu, EDB dan semua industri rekanan maju bersama menggalang solidaritas untuk Batam.

EDB berterima kasih kepada 13 perusahaan, 11 perusahaan di antaranya beroperasi secara signifikan di Batam, yang telah sepakat untuk berkontribusi mendukung Batam dalam menanggulangi pandemi Covid-19.

Adapun bantuan dari EDB dan 13 perusahaan tersebut diharapkan akan tiba minggu depan di Batam dan diharapkan dapat membantu para pekerja garis depan dan petugas kesehatan di Batam.

Selain menekankan pentingnya kerja sama erat antara Singapura dan Batam, Chairman EDB juga menekankan pentingnya perencanaan terkait kerja sama ke depan yang akan dilakukan pasca Covid-19 berakhir.

Diprediksi bahwa kelak akan banyak perusahaan yang berupaya untuk meragamkan rantai pasokan mereka dan mungkin memperluas kegiatan bisnisnya di Asia Tenggara.

Oleh karena itu, Singapura dan Batam diharapkan dapat mengejar peluang tersebut ke depannya. EDB akan terus bekerja sama dengan KBRI Singapura dan Pemkot Batam untuk memastikan dan mempromosikan Batam sebagai sektor bisnis dan perindustrian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nindya Aldila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper