Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jurnalis Senior Suryopratomo Jadi Calon Dubes RI untuk Singapura

Nama Suryopratomo masuk menjadi Calon Duta Besar Luar Biasa dan berkuasa Penuh RI untuk Republik Singapura, berkedudukan di Singapura.
Jurnalis Senior Metro TV, Suryopratomo/Antara.
Jurnalis Senior Metro TV, Suryopratomo/Antara.

Bisnis.com, JAKARTA - Jurnalis seniro dan mantan pemimpin redaksi stasiun TV nasional, Metro TV, Suryopratomo masuk ke dalam daftar nama calon duta besar.

Kabar itu datang dari sebuah gambar yang beredar di jejaring aplikasi pesan instan. Gambar itu menunjukkan sebuah daftar para calon duta besar.

Nama Suryopratomo menjadi Calon Duta Besar Luar Biasa dan berkuasa Penuh RI untuk Republik Singapura, berkedudukan di Singapura. Selain itu, ada sejumlah nama lain seperti Sukmo Harsono dan Wisnu Edi Pratignyo.

Plt. Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah mengungkapkan bahwa proses pengangkatan seorang dubes sebenarnya cukup panjang.

Setelah fit and proper test oleh DPR masih ada proses penting lainnya yaitu permintaan persetujuan ke negara yang dituju.

"Oleh karenanya dalam etika diplomasi, nama calon dubes tidak diumumkan sampai agreement diperoleh," ujarnya saat dihubungi Bisnis.com, Senin (11/5/2020).

Dia mengatakan pergantian duta besar kali ini dilatar belakangi beberapa faktor, salah satunya ada beberapa pos duta besar yang memang sudah akan berakhir masa penugasannya.

"Pengajuan Dubes adalah hak prerogratif presiden. Dalam prosesnya memang menteri luar negeri memberikan usulan dan pertimbangan," tuturnya.

Saat dikonfirmasi, Suryopratomo mengatakan pencalonan dirinya belum berbuah keputusan. Dia mengaku belum mendapatkan informasi terkait keputusan pencalonan dirinya sebagai duta besar.

"Konfirmasi jangan ke saya. Ke Kemlu. Wah belum. Fit and proper saja belum. Saya malah belum dapat," katanya kepada Bisnis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nindya Aldila

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper