Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Vladimir Putin Beri Kim Jong-un Medali Penghargaan

kedutaan Rusia di Pyongyang mengatakan medali itu diberikan kepada pemimpin Korea Utara dalam perannya menjaga memori tentara Soviet yang meninggal di wilayah tersebut selama Perang Dunia 2.
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un./Reuters
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Rusia Vladimir Putin telah memberikan medali penghargaan perang kepada Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un sebagai peringatan 75 tahun kemenangan atas Nazi Jerman.

Dilansir dari Express, Rabu (6/5) kedutaan Rusia di Pyongyang mengatakan medali itu diberikan kepada pemimpin Korea Utara dalam perannya menjaga memori tentara Soviet yang meninggal di wilayah tersebut selama Perang Dunia 2.

Duta Besar Rusia untuk Korea Utara Alexander Matsegota menyerahkan penghargaan tersebut kepada Menteri Luar Negeri Korea Utara Ri Son-gwon dalam sebuah upacara, menggantikan Kim Jong-un yang tidak menghadiri acara itu.

Foto-foto pertemuan di Pyongyang menunjukkan para pejabat Rusia dan Korea Utara yang mengenakan masker wajah, di tengah kondisi pandemi global virus corona baru.

Rusia mengundang Kim Jong-un untuk mengunjung Moskow pada bulan Mei dan menghadiri parade militer yang menandari peringatan 75 tahun kemenangan tersebut. Akan tetapi, Putin memutuskan untuk menunda parade tanpa batas waktu karena keadaan pandemi.

Pada 2015, orang nomor satu Korea Utara itu sempat diundang untuk menghadiri peringatan serupa, ke-70 ke Moskow. Akan tetapi, Kim Jong-un tidak memenuhi undangan tersebut lantaran ada urusan dalam negeri yang perlu diselesaikan.

Pemberian medali penghargaan kepada pemimpin diktator itu hanya berselang beberapa hari setelah kemunculan kembali Kim Jong-un, yang sempat menghilang dari hadapan publik selama beberapa minggu sejak pertengahan April lalu.

Baru pada awal Mei, Korea Central News Agency melaporkan bahwa Kim Jong-un telah tampil ke publik dalam acara pemotongan pita pada upacara peresmian sebuah pabrik. Media pemerintah juga merilis foto-foto yang memperlihatkan sang diktator dengan pakaian hitam khasnya.

Kabar ini menepis semua spekulasi yang muncul sebelumnya bahwa Kim Jong-un bisa jadi sedang dalam kondisi kritis karena masalah kesehatan yang dimilikinya. Dalam foto yang baru-baru ini dirilis, pemimpin Korea Utara itu terlihat dalam kondisi baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Syaiful Millah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper