Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mengenal Sosok Mbah Minto, Lakon Video Viral Parodi Gagal Mudik      

Video viral tidak usah mudik dalam bahasa Jawa itu telah dikunjungi 1,2 juta orang di Youtube.
Mba Minto di rumahnya di Klaten, Jawa Tengah/Jibi-Solopos-Ponco Suseno
Mba Minto di rumahnya di Klaten, Jawa Tengah/Jibi-Solopos-Ponco Suseno

Bisnis.com, JAKARTA - Video parodi Mbah Minto Syam alias Mbah Minto, 70, tentang gagal mudik viral di media sosial. Dalam video berbahasa Jawa itu diceritakan tentang Youtuber, Muhammad Sofyan, 30, alias Ucup gagal pulang kampung karena corona atau Covid-19.

Dalam kesehariannya, Mbah Minto tinggal seorang diri di Selorejo RT 005/RW 017, Krakitan, Klaten. Jawa Tengah. Hubungan antara Mbah Minto dengan Ucup sebatas tetangga dekat. Meski satu kampung, mereka berlain rukun tetangga.

Dalam parodi itu, salah satu adegan pendek yang dipertontokan yakni perbincangan Ucup selaku seorang anak dengan Mbah Minto selaku orang tua via telepon seluler (Ponsel). Disebutkan  Ucup ingin sekali mudik alias pulang dari tanah perantauan. Upaya Ucup dicegah Mbah Minto. Di bagian akhir perbincangan, Mbah Minto mengingatkan, "Rasah muleh le, sing penting duite muleh."

Gagal Mudik Nengok Simbah yang diperankan Mbah Minto terdiri atas beberapa bagian itu benar-benar viral di medsos. Nama Mbah Minto dan Ucup makin dikenal di jagat medsos. Bahkan, sejumlah tetangga mengaku terheran-heran dengan tingkah nyentrik Mbah Minto dan Ucup yang beraksi di Youtube atau pun di medsos itu. Meski begitu, Mbah Minto menyebutkan kangen dengan anak-anaknya.

"Kula niku mboten ngertos yen viral ten medsos. Jarene tekan ngendi-ngendi, Jakarta, Lampung. Niku [pembuatan video] saking Mas Ucup [Mbah Minto hanya menirukan gerakan atau kata-kata yang sudah diminta Ucup di waktu sebelumnya]," kata Mbah Minto, saat ditemui Solopos.com, di rumahnya di Krakitan, Bayat, Klaten, Kamis (30/4/2020) siang.

Sebelum diajak bikin video oleh Ucup, Mbah Minto mengaku sudah mengetahui larangan mudik dari pemerintah. Terlepas video bikinan Ucup, Mbah Minto ternyata memendam rasa kangen terhadap anak-anaknya.

Saat ini keempat anaknya yang sudah berkeluarga tersebar di  Purworejo , Banjarnegara, Jakarta, hingga  Jogja.

"Kula nggih kangen kalih anake. Gara-gara virus corona, anak-anake mboten saget mantuk. Wis pesen [kepada anak-anaknya], rasah balik ndak keno corona. Biasane pas kangen nelfon anake [dibantu saudara Mbah Minto yang ada di Krakitan, Bayat]," katanya.

Salah seorang keponakan Mbah Minto, yakni Paimin, 50, mengatakan guna mencukupi kebutuhan sehari-hari, terkadang Mbah Minto dimintai tolong para tetangga sekadar membersihkan pekarangan atau pun memijat/mengurut para tetangga yang capai.

Wayah niki, sering ten griya. Mboten enten sing ngengken. Dari jasa resik-resik atau ngurut itu, biasanya Mbah Minto diwenei duit sakwenehe [rata-rata Rp10.000 per sekali resik-resik atau saat jadi tukang ngurut]. Pernah juga, Mbah Minto memperoleh bantuan dari istri pak Kapolsek di Bayat. Selebihnya, saya sering memberi makanan ke Mbah Minto," katanya.

Youtuber asal Klaten, Ucup, mengatakan konten video yang dia buat sebenarnya berawal dari iseng dan untuk hiburan. Selain menggandeng warga yang sudah berusia sepuh, alumnus SMK Muhammadiyah 1 Klaten Tengah ini juga sering menggandeng kalangan anak-anak saat membuat video.

Namun, Ucup mengakui video yang menggandeng Mbah Minto menjadikan jumlah followers di Instagram (IG) dan subscriber di Youtube tumbuh menjulang.

Semula, Ucup sering memberikan fee kepada Mbah Minto senilai Rp20.000 per konten video. Seiring ramainya video garapan Ucup, ayah dari tiga anak ini mulai memberikan endorse buat Mbah Minto senilai Rp200.000-Rp300.000 per konten video.

"Akun IG saya sebenarnya sudah 36K followers. Saat ini, booming [setelah video dengn Mbah Minto viral]. Di waktu sebelumnya, subscriber saya sudah 105K. Sekarang, semakin naik lagi. Video itu bisa viral karena temanya tentang musim corona yang meresahkan para pemudik [Ucup mulai menekuni pembuatan video sejak 1,5 tahun lalu]. Di waktu sebelumnya, saya juga sudah give away untuk followers saya [pencapaian 100K subscribers]," katanya.

Video yang menggandeng Mbah Minto dinilai sering viral di kalangan dagelan-dagelan Jawa. Tak jarang pula sering di-repost akun-akun besar dagelan. Saat Ucup diajak syuting Didi Kempot di Solo, Kamis (30/4/2020), The Godfather of Broken Heart itu sempat mengira Mbah Minto orang teater.

"Pas saya bertemu dengan Pak Dhe Didi Kempot, yang bersangkutan bilang simbah keren, gokil, dan salut. Pak dhe sempat tanya ke saya, apakah simbah itu mantan teater. Saya jawab bukan. Di kesempatan itu, saya juga dikasih wejangan oleh Pak Dhe agar terus meningkatkan karyanya," kata Ucup yang sudah menutup usaha hariannya, yakni Telur Gulung Koming sejak dua bulan terakhir itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper