Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Polisi berjaga di pos pemeriksaan di Jembatan Sungai Jiujiang Yangtze yang melintasi dari provinsi Hubei ke Jiujiang di Provinsi Jiangxi, China, Jumat (31/1/2020). - Reuters/Thomas Peter
Premium

Saat Dunia Menyudutkan dan Membela China karena Corona

30 April 2020 | 15:41 WIB
Sebagai negara tempat pertama kali virus corona muncul, China menjadi sorotan dunia. Bahkan, muncul pihak-pihak yang menggugat negara tersebut karena dianggap menjadi biang kerugian.

Bisnis.com, JAKARTA — Perselisihan antara Pemerintah AS dan China memang sudah tampak runcing sejak dimulainya perang dagang pada 2018. Tapi, tak dapat disangkal betapa kemunculan pandemi global Covid-19 seolah jadi bumbu penambah konflik kedua negara.

Sejak awal, Presiden AS Donald Trump tak pernah kehabisan akal untuk menyudutkan Negeri Panda.

Pendekatan ‘salah China’ Trump bermula dari kebiasaan awalnya menyebut virus corona sebagai virus Wuhan, dengan alasan virus tersebut berasal dari Wuhan, sebuah kota di China. Kemudian, begitu jumlah kasus di AS menyamai infeksi yang terjadi di negara-negara Eropa, politisi dari Partai Republik itu makin berani menyudutkan China secara eksplisit.

Misalnya, dia menuding China dan Partai Komunis ceroboh karena tak terbuka soal virus ini sepanjang 3 pekan pertama Januari 2020. Sikap itu dinilai Trump membuat dunia tak bisa memahami bahaya sebenarnya dari virus corona.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top