Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Simak! Daftar Nama Tokoh Berpengaruh di Korea Utara, Ada Pengganti Kim Jong-un?

Beredar spekulasi bahwa yang akan menggantikan Kim Jong-un adalah adik perempuannya Kim Yo-jong.
Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un (kiri) dan Menteri Luar Negeri (Menlu) AS Mike Pompeo di Pyongyang, Korut, Minggu (7/10/2018)./KCNA via Reuters
Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un (kiri) dan Menteri Luar Negeri (Menlu) AS Mike Pompeo di Pyongyang, Korut, Minggu (7/10/2018)./KCNA via Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah Kim Jong-un dikabarkan sakit, banyak yang bertanya-tanya selanjutnya siapa yang bakal menggantikannya untuk memimpin Korea Utara.

Beredar spekulasi bahwa yang akan menggantikan Kim Jong-un adalah adik perempuannya Kim Yo-jong. Namun, nyatanya Korea Utara adalah negara yang menganut sistem patriarki, hal tersebut dianggap bisa menjadi salah satu hambatan bagi Kim Yo-jong untuk menggantikan Kim Joung-un. Belum lagi, dia tidak termasuk pembuat kebijakan teratas.

Ada individu-individu lain yang telah menjadi pusat dalam era Kim Jong-un, tetapi sulit untuk mengetahui siapa di antara mereka yang akan membentuk hubungan kerja sama dan siapa yang akan bersaing satu sama lain.

Salah satunya adalah Choe Ryong-hae. Mengutip BBC Rabu (29/4/2020), dia mengalami pasang surut di bawah Kim Jong-un, tetapi setelah melewati beberapa badai, saat ini dia duduk di presidium politbiro dan juga wakil ketua pertama Komisi Urusan Negara.

Pada tahun lalu, dia menjadi presiden baru pertama dalam 20 tahun, menggantikan Kim Yong-nam yang sudah tua dan membuatnya sebagai orang yang mewakili Korea Utara dalam keterlibatan internasional.

Choe juga memegang posisi tinggi di militer dan Departemen Organisasi dan Bimbingan (OGD) Partai Buruh Korea, yang bertanggung jawab untuk menegakkan kesetiaan di seluruh rezim. Organisasi ini sangat kuat yang mampu menegakkan kepatuhan semua warga negara terhadap ideologi Korea Utara. Jadi bisa dikatakan, dia menjadi orang terkuat kedua di Korea Utara.

Para spymaster dan tokoh politik yang naik daun

Tokoh berpengaruh lainnya adalah Kim Yong-chol. Jenderal ini membuka jalan bagi KTT Trump - Kim, bertemu Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo beberapa kali. Dia telah menjadi kepala Departemen Front Bersatu, yang bertanggung jawab terhadap hubungan dengan Korea Selatan dan Biro Umum Pengintaian, dinas intelijen utama negara itu.

Dia tampaknya telah mengalami penurunan pangkat setelah perundingan dengan Amerika Serikat, tetapi tidak mungkin spymaster ini akan tetap tidak dikenal lama.

Yang lainnya adalah Kim Jae-ryong. Selain berada di Komisi Urusan Negara, dia adalah Perdana Menteri Kabinet, posisi yang cukup berpengaruh. Relatif sedikit yang diketahui tentang dia, tetapi bintangnya telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir karena yang lain telah jatuh.

Selain itu, Kim Jae-ryong,dia dikenal karena mengelola industri dan menjalankan provinsi yang paling terpencil, rumah bagi situs industri militer utama selama beberapa tahun. Hal ini memungkinkan dia telah terlibat erat dalam program nuklir.

Selanjutnya, Jong Kyong-taek. Dia bertanggung jawab atas Departemen Keamanan Negara, yang menyelidiki dan menghukum kejahatan politik. Ini juga membantu melindungi kepemimpinan secara fisik yang membantu menegakkan stabilitas dalam sistem.

Hwang Pyong-so adalah pejabat lain yang telah memegang jabatan tinggi militer dan telah menjalankan OGD di era Kim Jong-un. Seperti Choe (dan banyak lainnya) dia telah didisiplinkan. Namun, dia tampaknya tidak direhabilitasi dengan cara yang sama.

Pendukung kebijakan luar negeri 2010 lainnya Ri Yong-ho dan Ri Su-yong juga melihat perannya berkurang baru-baru ini. Mereka telah digantikan oleh Ri Son-gwon dan Kim Hyung-jun. Yang pertama dikatakan sebagai sekutu Kim Yong-chol.

Para penegak militer

Sejumlah jenderal top Angkatan Darat Rakyat Korea (KPA) juga pasti akan memberikan pengaruh dalam setiap periode transisi. Saat ini, dua pria duduk di atas Biro Politik Umum KPA, Kim Su-gil dan Kim Won-hong. Biro ini menegakkan kesetiaan politik dalam militer, sesuatu yang akan sangat penting selama periode ketidakpastian.

Kim Won-hong, membantu mengilustrasikan betapa sulitnya memprediksi bagaimana kekuatan akan dibagikan jika Kim Jong-un tidak ada lagi. Kim Won-hong dan Hwang Pyong-so dianggap saingan, bersaing untuk mempengaruhi Kim Jong-un dengan biaya yang lain.

Di antara elit teratas, siapa yang akan bentrok dan siapa yang akan bersekutu? Apakah akan ada faksi pro dan anti-Kim Yo-jong? Apakah ketakutan akan ketidakstabilan akan menghentikan persaingan dari kekalahan? Lagi pula, bukanlah kepentingan politisi elit untuk melihat negara runtuh, membuka pintu bagi semacam pengambilalihan oleh Korea Selatan atau bahkan China.

Saat ini tidak ada pesaing yang sempurna, saudara perempuan Kim Jong-un bahkan harus mengatasi seksisme dan pemisahan dari tradisi pewaris laki-laki. Orang lain tidak secara langsung diturunkan dari garis keturunan Paektu, tetapi pada akhirnya, mereka semua harus memikirkan kesatuan negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : BBC
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper