Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KPK Awasi Penggunaan Dana Penanganan Covid-19, DKI Terbesar

Terdapat juga lima Kabupaten yang menganggarkan penanganan Covid-19 yang jumlahnya besar. KPK pun mencatat ini terdapat di lima Kabupaten.
Ilustrasi APBD/kopel-online.or.id
Ilustrasi APBD/kopel-online.or.id

Bisnis.com, JAKARTA  - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyoroti pagu Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) beberapa wilayah terkait penanganan Covid-19. Setidaknya ada lima provinsi yang mengeluarkan anggaran cukup besar untuk penanganan Covid-19, itu meliputi lima provinsi.

"DKI Jakarta kurang lebih Rp10 triliun, Jawa Barat Rp8 triliun, Jawa Timur 2,3 triliun, Rp Jawa tengah Rp 2,1 triliun fan Aceh Rp 1,7 triliun," kata  kata Ketua KPK Firli Bahuri dalam RDP dengan Komisi III DPR RI, Rabu (29/4/2020).

Selain kelima provinsi tersebut, terdapat juga lima Kabupaten yang menganggarkan penanganan Covid-19 yang jumlahnya besar. KPK pun mencatat ini terdapat di lima Kabupaten.

Pertama Kabupaten Jember Rp479,4 miliar, kedua Kabupaten BogorRp 384,1 miliar, Kabupaten Bandung Rp273, 5 miliar, Kabupaten Tangerang Rp243 miliar dan Kabupaten Tulangbawang Rp228,8 miliar.

"Angka-angka ini sekali lagi kami terus pantau, kami aktif terus sampai dengan tanggal 20 April yang lalu," jelas Firli.

Selain itu, lembaga antirasuah menyoroti besaran anggaran penanganan Covid-19 di sejumlah kota, di antaranya Kota Makassar Rp 749,1 miliar, Kota Tangerang Rp 349,8 miliar, Kota Bogor Rp 348,6 miliar, Kota Bandung Rp 300,4 miliar dan Kota Batam Rp 268,1 miliar. KPK memastikan tidak akan segan menindak para pelaku korupsi anggaran Covid-19.

"Sebaran anggaran yang begitu besar, baik bersumber dari APBN maupun APBD yang tadi kami sampaikan, APBN Rp 405,1 triliun dan APBD 56,7 triliun. Tentu inilah menjadi perhatian kami dari KPK untuk itu kami coba memetakan di mana saja titik rawan terjadinya korupsi," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper