Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Kendaraan melintas di Jalan Jendral Sudirman yang lengang di Jakarta,Jumat (10/4/2020). - Bisnis/Dedi Gunawan
Premium

Mobilitas Penduduk Tak Berubah, Komando Bermasalah?

29 April 2020 | 15:25 WIB
Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sudah berjalan sejak awal bulan ini, tapi pengaruhnya dinilai belum sesuai harapan di daerah-daerah yang saling berdekatan. Perlu komando lintas daerah?

Bisnis.com, JAKARTA — Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sejumlah wilayah dinilai belum efektif lantaran adanya perbedaan dalam hal implementasi di masing-masing daerah. Kondisi ini menyebabkan laju lalu lintas penduduk masih belum dapat ditekan, terutama di daerah yang berdekatan.

Komando penerapan PSBB pun dinilai perlu dintegrasikan dan perlu langkah tegas yang melibatkan kerja sama lintas daerah.

Hasil kajian yang dirilis Centre for Strategic and International Studies (CSIS) pada Selasa (28/4/2020), menyebut pembatasan sosial di kota-kota yang berdekatan seperti Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek), tidak berjalan maksimal.

Daerah lain yang menerapkan PSBB dengan interaksi penduduk seperti Jabodetabek yang wilayahnya berdekatan dan terkoneksi layanan publiknya, perlu memberi perhatian lebih untuk menekan penyebaran pandemi virus corona.

Riset tersebut ditulis oleh Edbert Gani Suryahudaya dan Teguh Yudo Wicaksono. Dalam kajian tersebut, analisis data menggunakan Facebook Disease Prevention Map untuk melakukan evaluasi mobilitas masyarakat dari satu kota ke kota lainnya dalam masa pandemi.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top