Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bambang Soesatyo Apresiasi Operasi Senyap KPK

Para pimpinan baru KPK dibawah arahan Ketua KPK Firli Bahuri merupakan orang-orang berintegritas yang telah melewati serangkaian proses seleksi dan tidak akan membiarkan kinerja KPK kehilangan tajinya.
Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo./Antara
Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo atau Bamsoet mengapresiasi kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang terus menegakkan hukum sebagai upaya membersihkan Indonesia dari korupsi tanpa menimbulkan kegaduhan.

Hal ini menyusul penangkapan dua tersangka pada Minggu (26/4/20), sebagai pengembangan kasus korupsi yang menjerat Bupati Muara Enim nonaktif, Ahmad Yani.

Ia mengatakan, langkah senyap KPK ini dinilai tepat. Hal ini dinilai tidak akan menimbulkan kegaduhan dan tersangka tidak akan sempat melenyapkan barang bukti ataupun melarikan diri.

Menurutnya, para pimpinan baru KPK dibawah arahan Ketua KPK Firli Bahuri merupakan orang-orang berintegritas yang telah melewati serangkaian proses seleksi dan tidak akan membiarkan kinerja KPK kehilangan tajinya.

"KPK biasanya mengumumkan terlebih dahulu jika akan menangkap tersangka dalam sebuah kasus. Kali ini berbeda, ditangkap dulu baru kemudian diumumkan kepada publik. Langkah seperti ini menurut saya sangat baik," katanya dikutip dari keterangan resmi, Senin (27/4/2020).

Bamsoet ini juga menilai langkah penangkapan yang dilakukan KPK merupakan bukti kinerja KPK tidak mengendur, sebagaimana sering dituduhkan banyak pihak. Dirinya mengakui, ada sedikit perbedaan cara kerja dibandingkan periode sebelumnya, sehingga publik tak lagi melihat kegaduhan dan menyaksikan penetapan tersangka.

KPK diyakini sudah memiliki alat bukti yang cukup, sehingga penangkapan ini tidak dilakukan sebelum mencari bukti-bukti kuat. Bamsoet juga optimistis, proses penangkapan ini akan berlanjut hingga di persidangan mendatang.

"Taji KPK tetap tajam, kali ini rakyat akan melihat dan menilai kesungguhan KPK dalam penegakan hukum dan pemberantasan korupsi, namun jauh dari nuansa hiburan. Tindakan benar-benar ditujukan sebagai upaya penegakan hukum dan memberi efek jera bagi para koruptor," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper