Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Tentara Korea Selatan mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) sembari menyemprotkan disinfektan di jalanan Seoul, Korea Selatan, Kamis (5/3/2020). - Bloomberg/SeongJoon Cho
Premium

Berkaca dari Korea Selatan dan Taiwan, Mana yang Bisa Dicontoh Indonesia?

24 April 2020 | 17:08 WIB
Pandemi Covid-19 masih belum menunjukkan tanda-tanda mereda. Namun, ada beberapa negara yang sudah berhasil menekan penyebaran penyakit tersebut.

Bisnis.com, JAKARTA — Ketika Indonesia masih berkutat dengan tingginya laju kenaikan kasus baru Covid-19 dan persoalan ekonomi yang mengiringi langkah penanggulangan wabah, sejumlah negara lainnya sudah lebih dulu mencatatkan kesuksesan dalam menanggulangi pandemi ini.

Korea Selatan (Korsel) dan Taiwan adalah contoh sukses yang bisa dipelajari Indonesia untuk memerangi wabah virus corona. Keduanya sama-sama tidak memberlakukan lockdown dan memiliki pendekatan berbeda dalam upayanya untuk meredam gejolak kenaikan wabah.

Sebelum jumlah kasus tertinggi dipegang oleh Amerika Serikat (AS), Spanyol, dan Italia, Korsel pernah menjadi salah satu negara di luar China yang mencatatkan kasus terbanyak.

Mengutip data Johns Hopkins University and Medicine per 24 April 2020, Korsel menempati peringkat ke-29 dengan jumlah kasus mencapai 10.708. Adapun jumlah kematian sebanyak 240 dengan total kesembuhan 5.801 orang.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top