Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Makin Banyak Perusahaan Larang Penggunaan Zoom

Perusahaan-perusahaan tersebut mengekor langkah Tesla Inc., Pemerintah Singapura dan Taiwan yang sebelumnya telah lebih dulu melarang Zoom untuk aktivitas resmi dan bisnis karena kerentanan keamanan.
Aplikasi video conference yang kini banyak digunakan pada periode Work From Home (WFH)/ blog.zoom.us
Aplikasi video conference yang kini banyak digunakan pada periode Work From Home (WFH)/ blog.zoom.us

Bisnis.com, JAKARTA - Sejumlah perusahaan besar dunia mulai melarang penggunaan aplikasi konferensi Zoom Video Communications Inc., antara lain Daimler AG, Ericsson AB, NXP Semiconductors NV dan Bank of America Corp.

Perusahaan-perusahaan tersebut mengekor langkah Tesla Inc., Pemerintah Singapura dan Taiwan yang sebelumnya telah lebih dulu melarang Zoom untuk aktivitas resmi dan bisnis karena kerentanan keamanan.

Sedangkan India menganggap Zoom sebagai platform yang tidak aman dan memulai kontes publik untuk mengembangkan alternatif obrolan video buatan sendiri yang lebih aman.

Zoom populer setelah kebijakan karantina diterapkan secara global dan memaksa banyak orang tetap tinggal di rumah selagi bekerja atau belajar.

Aplikasi ini  mencapai rekor 300 juta peserta rapat harian  pada minggu ini, setelah melewati 10 juta sebelum awal tahun. Harga sahamnya tetap dekat dengan rekor tertinggi yang dicapai pada Maret 2020.

Namun, peneliti keamanan siber memperingatkan peretas dapat mengeksploitasi kelemahan dalam perangkat lunak untuk menguping pertemuan. Perlindungan yang lemah telah memunculkan fenomena "Zoombombing," di mana pengguna tak diundang mendapatkan akses ke konferensi video untuk melakukan pelecehan atau menyebar video asusila.

"Perangkat lunak ini memiliki berbagai celah keamanan dan masalah perlindungan data," tulis Daimler dalam memo kepada karyawan, dilansir Bloomberg, Kamis (23/4/2020).

Daimler, produsen mobil yang mempekerjakan hampir 300.000 orang di seluruh dunia itu sebelumnya bukan pelanggan korporat Zoom. Namun kini secara eksplisit melarang aplikasi panggilan video itu dan mengarahkan pekerja untuk menggunakan ke Tim Microsoft sebagai alternatif yang lebih dapat dipercaya.

"Daimler melarang penggunaan Zoom untuk konten perusahaan hingga pemberitahuan lebih lanjut," kata juru bicara perusahaan itu Christoph Sedlmayr dalam pernyataan emailnya.

Tingkatkan Keamanan

CEO Zoom Eric Yuan telah berfokus pada peningkatan keamanan aplikasi konferensi video dengan tujuan memenangkan kembali pelanggan. Zoom sedang berupaya meningkatkan enkripsi dan berpendapat bahwa banyak masalah berasal dari fakta bahwa aplikasi pada awalnya diarahkan pada klien perusahaan dengan tim keamanan TI mereka sendiri alih-alih konsumen yang luas.

NXP, penyedia teknologi komunikasi nirkabel menggunakan Tim Microsoft Corp. secara internal dan baru-baru ini melarang penggunaan Zoom dengan pihak eksternal. Raksasa jaringan Ericsson juga mengandalkan Tim, sebelumnya Skype for Business, untuk rapat jarak jauh dan sekarang meminta staf untuk tidak menggunakan Zoom.

Jika klien atau mitra ingin menggunakan aplikasi itu, staf Ericsson perlu memastikan pihak luar memahami dan bersedia menerima risiko menggunakan Zoom sebelum melanjutkan rapat.

Seorang juru bicara NXP menolak berkomentar, sementara Ericsson mengatakan dalam pernyataan yang dikirim melalui email bahwa pihaknya telah menyetujui aplikasi dan pedoman untuk rapat secara internal, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

"Sejumlah besar lembaga global mulai dari perusahaan jasa keuangan terbesar di dunia, hingga penyedia telekomunikasi terkemuka, lembaga pemerintah, universitas, dan lainnya telah melakukan tinjauan keamanan lengkap terhadap pengguna kami, lapisan jaringan dan pusat data dan Zoom yang dipilih dengan percaya diri untuk penyebaran yang lengkap," kata juru bicara Zoom melalui email.

"Kami bangga dapat membantu para pelanggan ini menjaga kelangsungan bisnis dalam waktu yang menantang dan belum pernah terjadi sebelumnya ini," lanjutnya.

Bank of America biasanya tidak menggunakan Zoom secara internal karena memiliki perangkat konferensi video lainnya, dan dalam kasus di mana klien berusaha untuk berkomunikasi melalui Zoom, bankir perlu melalui proses persetujuan untuk menggunakannya.

Chief Executive Officer Brian Moynihan mengatakan, dari 208.000 karyawan bank, lebih dari 175.000 bekerja di rumah. Namun, seorang juru bicara Bank of America menolak berkomentar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Reni Lestari
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper