Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Dunia Prediksi Penurunan Remitansi Global Terdalam sepanjang Sejarah 

Bank Dunia memproyeksikan pengiriman uang atau remitansi global menurun tajam sekitar 20 persen pada 2020 karena krisis ekonomi yang disebabkan oleh pandemi virus Corona.
Peserta berdiri di dekat logo Bank Dunia dalam rangkaian Pertemuan IMF - World Bank Group 2018, di Nusa Dua, Bali, Jumat (12/10/2018)./Reuters-Johannes P. Christo
Peserta berdiri di dekat logo Bank Dunia dalam rangkaian Pertemuan IMF - World Bank Group 2018, di Nusa Dua, Bali, Jumat (12/10/2018)./Reuters-Johannes P. Christo

Bisnis.com, JAKARTA - Bank Dunia memproyeksikan pengiriman uang atau remitansi global menurun tajam sekitar 20 persen pada 2020 karena krisis ekonomi yang disebabkan oleh pandemi virus Corona.

Proyeksi penurunan paling tajam dalam sejarah baru-baru ini sebagian besar disebabkan oleh penurunan upah dan pekerja migran, yang cenderung lebih rentan terhadap kehilangan pekerjaan dan upah selama krisis ekonomi di negara tuan rumah. 

Pengiriman uang ke negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah diproyeksikan akan turun sebesar 19,7 persen menjadi US$445 miliar, mewakili hilangnya garis hidup pembiayaan yang penting bagi banyak rumah tangga rentan.

Studi menunjukkan bahwa pengiriman uang mengurangi kemiskinan di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah, meningkatkan hasil gizi, dikaitkan dengan pengeluaran yang lebih tinggi untuk pendidikan, dan mengurangi pekerja anak di rumah tangga miskin. 

Penurunan pengiriman uang mempengaruhi kemampuan keluarga untuk membelanjakan uang di daerah-daerah ini karena lebih banyak keuangan akan diarahkan untuk mengatasi kekurangan pangan dan kebutuhan mata pencaharian.

Presiden Kelompok Bank Dunia David Malpass menuturkan pengiriman uang adalah sumber pendapatan vital bagi negara-negara berkembang.

"Resesi ekonomi yang sedang berlangsung yang disebabkan oleh Covid-19 telah mengambil korban besar pada kemampuan untuk mengirim uang ke rumah dan menjadikannya semakin vital bahwa kita mempersingkat waktu untuk pemulihan bagi ekonomi maju," kata Malpass dalam keterangan tertulis, Kamis (23/4/2020). 

Bank Dunia membantu negara-negara anggota dalam memantau aliran pengiriman uang melalui berbagai saluran, biaya dan kenyamanan pengiriman uang, serta peraturan untuk melindungi integritas keuangan yang mempengaruhi aliran pengiriman uang.

Bank Dunia juga bekerja dengan negara-negara G20 dan komunitas global untuk mengurangi biaya pengiriman uang dan meningkatkan inklusi keuangan bagi kaum miskin.

Aliran pengiriman uang diperkirakan akan jatuh di semua wilayah Kelompok Bank Dunia, terutama di Eropa dan Asia Tengah (27,5 persen), diikuti oleh Afrika Sub-Sahara (23,1 persen), Asia Selatan (22,1 persen), Timur Tengah dan Afrika Utara ( 19,6 persen), Amerika Latin dan Karibia (19,3 persen), dan Asia Timur dan Pasifik (13 persen).

Penurunan besar dalam aliran pengiriman uang pada tahun 2020 terjadi setelah pengiriman uang ke negara berpengasilan rendah mencapai rekor US$554 miliar pada 2019.

Bahkan dengan penurunan tersebut, aliran pengiriman uang diharapkan menjadi lebih penting sebagai sumber pembiayaan eksternal untuk negara berpenghasilan rendah seiring jatuhnya investasi asing langsung diharapkan lebih besar (lebih dari 35 persen). 

Pada 2019, aliran pengiriman uang ke negara berpenghasilan rendah menjadi lebih besar dari FDI, tonggak penting untuk memantau aliran sumber daya ke negara-negara berkembang.

Pada 2021, Bank Dunia memperkirakan bahwa pengiriman uang ke negara berpenghasilan rendah akan pulih dan naik 5,6 persen menjadi US$470 miliar.

Prospek untuk pengiriman uang tetap tidak pasti seperti dampak pandemi virus Corona pada prospek pertumbuhan global dan pada langkah-langkah untuk menahan penyebaran penyakit. 

Di masa lalu, pengiriman uang telah menjadi siklus berulang, di mana pekerja mengirim lebih banyak uang ke rumah pada saat krisis. Namun, kali ini, pandemi telah memengaruhi semua negara, menciptakan ketidakpastian tambahan.

"Sistem perlindungan sosial yang efektif sangat penting untuk melindungi orang miskin dan rentan selama krisis ini di kedua negara berkembang maupun negara maju. Di negara tuan rumah, intervensi perlindungan sosial juga harus mendukung populasi migran," kata Michal Rutkowski, Direktur Global Perlindungan Sosial dan Pekerjaan Praktek Global di Bank Dunia.

Biaya rata-rata global untuk pengiriman US$200 tetap tinggi pada 6,8 persen pada kuartal pertama 2020, hanya sedikit di bawah tahun sebelumnya.

Afrika Sub-Sahara terus memiliki biaya rata-rata tertinggi, sekitar 9 persen, tetapi para migran intra-regional di Afrika Sub-Sahara mencakup lebih dari dua pertiga dari semua migrasi internasional dari wilayah tersebut.

"Tindakan cepat yang membuatnya lebih mudah untuk mengirim dan menerima pengiriman uang dapat memberikan dukungan yang sangat dibutuhkan bagi kehidupan para migran dan keluarga mereka. Ini termasuk memperlakukan layanan pengiriman uang sebagai hal yang penting dan membuatnya lebih mudah diakses oleh para migran," kata Dilip Ratha, penulis utama Brief dan kepala KNOMAD.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Reni Lestari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper