Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Tommy Soeharto tengah meresmikan Timor Workshop Sport Division di daerah Sentul, Bogor, Jawa Barat, pada Senin (20/4 - 1998).
Premium

Historia Bisnis: Tommy Soeharto Goda Anggota DPR Pakai Mobil Timor

21 April 2020 | 16:12 WIB
PT TPN, produsen mobil Timor, berusaha memasarkan produknya kepada institusi negara atau pemerintah. Setelah menawarkan ke perusahaan pupuk BUMN, mereka menawarkan Anggota DPR untuk pakai mobil itu. Tommy Soeharto mencoba menjadi pelobi.

Bisnis.com, JAKARTA - Jelang akhir dekade 1990-an, sepertinya Indonesia tengah dirundung demam mobil Timor. Kendaraan yang disebut-sebut sebagai mobil nasional (Mobnas) tersebut seperti menjamur di tengah masyarakat Indonesia.

Setelah PT Timor Putra Nasional (PT TPN), produsen mobil Timor, memberi beberapa unit kendaraan kepada Kepolisian Republik Indonesia di awal kemunculannya pada 1996, beberapa tahun setelahnya, perusahaan tersebut menggeber penjualan ke institusi milik negara.

Misalnya saja, sepanjang 1997 hingga 1998, PT TPN menawarkan mobil tersebut ke sejumlah industry pupuk milik BUMN. Namun, langkah itu masih dirasa kurang oleh perusahaan.

Pada pertengahan April 1998, perusahaan pun mencoba merayu para anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk membeli mobil tersebut. Adalah sang pemilik perusahaan, Hutomo “Tommy” Mandala Putra, yang mencoba melobi para anggota dewan tersebut.

Tommy, yang merupakan anak kelima dari Presiden Soeharto, mengatakan akan siap menyiapkan 500 unit mobil Timor—jumlah yang klop dengan anggota DPR non-MPR.

Apakah Timor akan menjadi mobil resmi anggota dewan? Hal itu masih samar-samar. Yang pasti, menurut Tommy, pemasarannya tak akan beda dengan yang ditawarkan kepada masyarakat umum. Artinya, tidak ada paksaan dalam membeli produk tersebut.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top