Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dampak Corona, 15 Perusahaan di Bintan Tutup Sementara

Sebagian besar perusahaan yang tutup itu bergerak di bidang pariwisata karena tidak lagi dikunjungi wisatawan.
Pulau Bintan/Istimewa
Pulau Bintan/Istimewa

Bisnis.com, TANJUNGPINANG — Sebanyak 15 perusahaan di Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, menutup usaha mereka untuk sementara sebagai dampak dari pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Bintan Indra Hidayat mengatakan bahwa sebagian besar perusahaan itu bergerak di bidang pariwisata, yang tidak dikunjungi wisatawan sejak Covid-19.

Setiap hari, wisatawan yang paling banyak berkunjung ke Bintan berasal dari Singapura. Sementara sekarang Singapura mengeluarkan kebijakan pembatasan terhadap warga asing yang datang ke negara itu.

"Kondisi ini yang menyebabkan hotel dan restoran di Bintan sepi pengunjung," ucapnya, MIngggu (12/4/2020).

Perusahaan yang tidak beroperasi sementara waktu yakni PT Bintan On Base Resort, Starjet Grup, PT Arty Bintan Hotel, PT Bintan SPA Villa, PT Bakri Karya Sarana, PT Bali Holiday, PT Pulau Cempedak, PT Pulau Nicoi, PT Bintan Pulau Indah, PT Bukit Bintan Raya, Tanah Merah Seafood Restoran, PT Bintan Alumni Indonesia, PT Serumpun Padi Mas, PT Langit Asta Perkasa CB, PT Alam Indah Bintan.

Indra menjelaskan bahwa PT Alam Indah Bintan atau dikenal dengan nama Nirwana Garden Lagoi belum memberi daftar nama karyawan yang dirumahkan. Perusahaan tersebut akan merumahkan 564 orang karyawannya.

"Jumlah karyawan yang di-PHK sebanyak 635 orang, sedangkan karyawan yang dirumahkan mencapai 1.361 orang," ujarnya.

Jumlah karyawan yang di-PHK maupun dirumahkan akan berubah dan potensial terus mengalami peningkatan jika permasalahan Covid-19 ini tidak dapat diselesaikan dalam sebulan atau 2 bulan ini.

Pemkab Bintan telah memikirkan dampak sosial akibat peningkatan jumlah warga yang tidak bekerja. Bintan akan memberi bantuan tunai langsung sebesar Rp300.000 kepada warga kurang mampu.

Bantuan ini diberikan selama 4 bulan. Selain itu, warga yang tidak bekerja akan diberi Kartu Prakerja yang menjadi program pemerintah pusat. Melalui kartu ini, mereka akan diberi pelatihan agar memiliki keahlian khusus untuk bekerja atau membangun usaha sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Zufrizal
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper