Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Asrama Haji Pondok Gede Siap Digunakan untuk Pasien COVID-19

Asrama Haji Pondok Pondok Gede, Jakarta milik Kementerian Agama siap digunakan sebagai ruang isolasi bagi Pasien Dalam Pengawasan (PDP) COVID-19.
Menteri Agama Fachrul Razi/kemenag.go.id
Menteri Agama Fachrul Razi/kemenag.go.id

Bisnis.com, JAKARTA - Asrama Haji Pondok Pondok Gede, Jakarta milik Kementerian Agama siap digunakan sebagai ruang isolasi bagi Pasien Dalam Pengawasan (PDP) COVID-19.

Gedung Utama Asrama Haji Jakarta telah diserahkan Menteri Agama Fachrul Razi kepada Gugus Tugas Penanganan Covid-19 pusat untuk digunakan sementara sebagai ruang isolasi COVID-19 kepada RS Haji Jakarta pada 22 Maret 2020. Sejak itu, dilakukan proses penyiapan.

Ketua Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 Kementerian Agama Ali Irfan, sempat meninjau kesiapan penggunaan Gedung Utama Asrama Haji Jakarta sebagai Ruang Isolasi Covid-19 bersama Plt Sekretaris Jenderal Kemenag Nizar siang tadi.

“Saat ini, ruangan yang sudah dapat digunakan berjumlah lima ruang. Dan bukan tidak mungkin jika diperlukan akan terus ditambah,” kata Ali Irfan di Jakarta, Selasa (7/4/2020).

Dia menyebut Kemenag telah menyediakan lima ruang isolasi itu untuk penanganan COVID-19 kelas medium. Apabila terdapat pasien yang dinyatakan positif, maka akan dirujuk ke rumah sakit rujukan corona.

Direktur Utama RS. Haji Jakarta Syarif Hasan, menjelaskan bahwa ruang isolasi yang disiapkan ini sudah sesuai standar Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Kementerian Kesehatan, bahkan organisasi kesehatan dunia (WHO).

“Setiap pasien yang PDP menempati satu kamar satu tempat tidur. Tidak boleh digabung. Hingga standarisasi pelayanan kasus di bawah pengawasan tenaga kesehatan, secara umum dan spesifik, dapat lebih maksimal,” tuturnya.

Ruang Isolasi yang dalam kondisi berat tetap berada di rumah sakit. Ruangan ini adalah ruang untuk PDP yang stabil, tidak mempunyai gejala, ataupun gejala ringan.

Anggota Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 Kemenag Mahesa mengatakan bahwa ruang isolasi disiapkan dengan fasilitas ruangan dengan tekanan negatif, support obat-obatan dan nutrisi, serta proses koordinasi pemeriksaan swab.

"Dilakukan juga pemantauan selama 24 jam sambil proses koordinasi rujukan ke RS Rujukan Covid-19. Setelah lima ruangan siap, tahap selanjutnya persiapan sembilan ruangan di lantai 1 - 2. Target sebenarnya ada 11 ruangan, tapi dua ruangan masih dalam proses perbaikan," terangnya.

Adapun Gedung Utama Asrama Haji Pondok Gede terdiri dari empat lantai. Menurutnya, lantai tiga akan digunakan untuk ruang istirahat petugas yang harus self isolation setelah kontak erat dengan pasien.

"Akan dievaluasi penambahan ruang perawatan di lantai 3-4 sesuai angka lonjakan pasien serta daya tampung RS Rujukan.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rayful Mudassir
Editor : Nurbaiti

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper