Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
nPetugas pemadam kebakaran menyemprotkan cairan disinfektan di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Jumat (3/4/2020). Penyemprotan tersebut dilakukan rutin setiap hari yang dimulai dari kawasan Medan Merdeka Barat hingga Senayan dan menghabiskan 14 ribu liter cairan disinfektan guna menekan penyebaran virus corona (COVID-19). - ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Lihat Foto
Premium

Mengejar Status PSBB dan Panjangnya Alur Birokrasi

Pengajuan status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mesti dibarengi dengan berbagai dokumen tambahan, yang sebenarnya diyakini telah dimiliki oleh pemerintah pusat. Efektifkah alur birokrasi perizinan status PSBB?
Tim Bisnis Indonesia
Tim Bisnis Indonesia - Bisnis.com
07 April 2020 | 11:46 WIB

Bisnis.com, JAKARTA — Alur birokrasi dan panjangnya persyaratan penetapan status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 9 Tahun 2020 dikhawatirkan justru menghabiskan waktu untuk penanganan wabah virus corona di Indonesia. Padahal, pemerintah berkejaran dengan waktu dalam menahan penyebaran COVID-19.

Pakar epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (UI) Pandu Riono menilai syarat dalam beleid tersebut terlalu ketat. Dia juga mempertanyakan poin yang menyatakan kepala daerah mesti mengajukan data-data terkait kasus COVID-19 di wilayahnya.

“Kok dikatakan kepala daerah harus minta izin ke Menkes [Menteri Kesehatan], mengajukan data ini, data itu, persyaratannya ketat. Memang selama ini Kemenkes [Kementerian Kesehatan] tidak punya data? Pasti ada,” ujar Pandu kepada Bisnis, Senin (6/4/2020).

Dia meyakini pemerintah pusat sudah mengetahui seluruh informasi yang diminta dari daerah, karena penanganan wabah virus corona berada di bawah komando pemerintah pusat melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top