Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

173 Orang Daftar Seleksi Calon Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Kemenag

Kementerian Agama menerima aplikasi pendaftaran sebanyak 173 orang dalam Seleksi Terbuka Calon Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP).
Gedung Kementerian Agama/kemenag.go.id
Gedung Kementerian Agama/kemenag.go.id

Bisnis.com, JAKARTA—Kementerian Agama menerima aplikasi pendaftaran sebanyak 173 orang dalam Seleksi Terbuka Calon Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP).

Adapun, Seleksi Terbuka Calon JPTP Kementerian Agama (Kemenag) ditutup 3 April 2020. Ada 19 formasi setingkat eselon II yang dibuka.

Plt Sekjen Kemenag yang juga Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Nizar mengatakan bahwa pendaftaran seleksi terbuka JPTP Kemenag ini dibuka sejak 17 Maret 2020.

"Sampai penutupan, ada 173 pendaftar," jelasnya di Jakarta, dikutip dari keterangan resminya, Sabtu (4/4/2020).

Dia mengungkapkan Pansel JPTP Kemenag terdiri dari tujuh orang yaitu empat dari unsur eksternal, sedangkan tiga lainnya dari internal Kemenag.

Menurutnya, dari 19 formasi, jabatan Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Aceh paling banyak pendaftarnya yaitu 19 orang. Urutan berikutnya adalah Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren serta Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Barat yang masing-masing 16 pendaftar.

"Formasi Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Lampung diurutan berikutnya yaitu 15 pendaftar," jelasnya.

Selain itu, sebanyak tiga formasi masing-masing dengan 12 pendaftar. Ada satu formasi dengan 11 pendaftar, dan satu formasi dengan 10 pendaftar. Sisanya, di bawah 10 pendaftar untuk tiap formasi.

Nizar menambahkan ada empat formasi yang pendaftarnya kurang dari empat orang yakni Kepala Kanwil Kemenag Bali serta Kepala Biro Administrasi Umum, Akademik, dan Kemahasiswaan IAIN Ternate, masing-masing hanya tiga pendaftar.

Sementara Kepala Biro Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan IHDN Denpasar hanya dua pendaftar. Bahkan, untuk formasi Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerjasama IHDN Denpasar tidak ada pendaftarnya.

"Sesuai PermenPAN dan RB nomor 15 tahun 2019, formasi yang pendaftarnya kurang dari empat orang, akan diperpanjang pendaftarannya selama tujuh hari kerja, terhitung mulai 6 April 2020," tutur Nizar.

Kepala Biro Kepegawaian Saefuddin mengemukakan tahapan selanjutnya adalah seleksi administrasi yang akan berlangsung pada 6 - 8 April 2020. Hasil seleksi administrasi akan diumumkan pada 9 April 2020.

Adapun, pelaksanaan Seleksi Kompetensi Teknis (CAT), makalah, kompetensi manajerial dan sosio kultural, wawancara dan tes kesehatan akan diumumkan kemudian. Pansel awalnya menjadwalkan rangkaian tahapan itu pada rentang 15 - 30 April. 

Namun, kondisinya berubah seiring adanya pandemi Covid-19 sehingga tahapan tersebut ditunda hingga menunggu kebijakan pemerintah terkait pencegahan Covid-19.

"Khusus untuk empat formasi yang diperpanjang, jadwal seleksi administrasinya akan diumumkan kemudian," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper