Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jakarta, Provinsi Paling Rentan Terhadap Wabah Corona

Tiga provinsi paling rentang terhadap wabah virus Corona adalah Jakarta, Jabar, dan Banten. Hal ini bisa dimaklumi mengingat Jakarta adalah pintu gerbang Indonesia dan Jabar serta Banten adalah daerah penyangganya.
Pemandangan proyek revitalisasi sisi selatan Monumen Nasional (Monas) di Jakarta, Selasa (10/3/2020). Bisnis/Arief Hermawan P
Pemandangan proyek revitalisasi sisi selatan Monumen Nasional (Monas) di Jakarta, Selasa (10/3/2020). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat. Tiga provinsi di sebalah barat Pulau Jawa ini kini berada di zona merah Indonesia dalam mengatasi wabah virus Corona (Covid-19). Ketiga provinsi ini menyumbang angka paling tinggi pasien positif virus Corona.

Secara berturut-turut, Jakarta memiliki pasien positif virus Corona sebanyak 897 orang, Jabar (223 pasien) dan Banten (164 pasien). Banyaknya jumlah pasien positif di tiga tempat itu sekaligus menggambarkan bagaimana rentannya Jakarta, Jabar, dan Banten.

Setidaknya, itu dapat dilihat dari Indeks Kerentanan Provinsi terhadap Covid-19 yang dibuat oleh Katadata. Indeks yang dirilis pada 3 April ini mengukur kerentanan daerah terhadap penyebaran corona melalui tiga indikator risiko.

Pertama, risiko terkait dengan karakteristik daerah seperti jumlah penduduk, kepadatan, hingga akses terhadap hunian yang layak. Kedua, risiko Kesehatan Penduduk seperti jumlah penduduk lanjut usia, hingga persentase penduduk yang merokok. 

Ketiga, risiko terkait mobilitas penduduk seperti jumlah penumpang pesawat dan mobilitas pekerja. Tiga indikator inilah yang membuat Jakarta, Jabar dan Banten rentan.

Setidaknya, skor kerentanan untuk Jakarta berada di angka 47,1, Jabar (45,5), dan Banten (43,6). Skor ketiga provinsi ini jauh lebih tinggi daripada provinsi yang paling rentan berikutnya, yaitu Kepulauan Riau. Urutan ke-4 hingga akhir mempunyai skor yang relatif landai dan seragam. Artinya, terdapat jarak lebar kerentanan antara DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat dengan 31 provinsi lain.

“Lalu lintas penduduk yang tinggi membuat tiga provinsi tersebut menjadi rentan terhadap penyebaran Covid-19 ,”  kata Mulya Amri, Direktur Riset Katadata, dalam acara Press Briefing “Siapkah Daerah Menghadapi Pandemi: Peluncuran Indeks Kerentanan Provinsi terhadap COVID-19” di Jakarta, Jumat (3/4/2020).

Ketiga provinsi itu memiliki skor kerentanan berdekatan karena terkait dalam kawasan megapolitan Jabodetabek. Kawasan ini menampung lebih 10% jumlah penduduk Indonesia dalam kepadatan mendekati 5.000 orang per kilometer persegi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Andya Dhyaksa
Editor : Andya Dhyaksa
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper