Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LIPI dan Danone Produksi Disinfektan dan Hand Sanitizer

Produksi dilakukan di Pilot-Plant Laboratorium Pusat Penelitian Kimia LIPI di Serpong, Tangerang Selatan, Banten.
Fasilitas Pilot-Plant Laboratorium Pusat Penelitian Kimia LIPI di Serpong, Tangerang Selatan, Banten.
Fasilitas Pilot-Plant Laboratorium Pusat Penelitian Kimia LIPI di Serpong, Tangerang Selatan, Banten.

Bisnis.com, JAKARTA - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan Danone Indonesia bekerja sama mencegah penyebaran virus corona dengan melakukan produksi dan pembagian disinfektan dan hand sanitizer yang mulai didistribusikan pada Jumat (27/3/2020) di Serpong, Tangerang Selatan, Banten.

LIPI dengan dukungan Danone Indonesia memproduksi disinfektan dan hand sanitizer di fasilitas Pilot-Plant Laboratorium Pusat Penelitian Kimia LIPI di Serpong, Tangerang Selatan, Banten.

“Penggunaan fasilitas ini merupakan salah satu bentuk partisipasi LIPI dalam mendukung Gugus Tugas COVID-19 untuk mencegah penyebaran virus corona di Indonesia,” jelas Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik LIPI, Agus Haryono.

Agus menjelaskan, fasilitas ini dilengkapi dengan reaktor destilasi, formulasi dan fermentasi. “Fasilitas ini mampu memproduksi dari skala 50 liter sampai dengan 4000 liter per batch,” terang Agus.

Menurutnya kerja sama LIPI dengan Danone Indonesia merupakan bukti kolaborasi antara lembaga penelitian dan pengembangan pemerintah dengan pihak swasta dalam membantu pencegahan penyebaran virus corona di Indonesia.

“Fasilitas riset di LIPI terbuka untuk semua pihak untuk bersama berkontribusi menangani pandemik ini,” jelasnya.

Vera Galuh Sugijanto selaku Vice President General Secretary Danone Indonesia mengungkapkan pihaknya mendukung langkah LIPI dalam mengkontribusikan kepakaran dan keilmuan untuk bersama-sama menghadapi penyebaran virus corona.

“Kami menyambut baik kerja sama ini dan mendukung inisiatif LIPI ini karena ini merupakan upaya gotong royong antarpemangku kepentingan di Indonesia,” jelas Vera. Kerja sama ini diharapkan terus berlanjut agar bisa memberikan manfaat kepada banyak pihak.

Sebanyak 2.000 liter disinfektan untuk kebutuhan luar ruang telah diserahkan ke sepuluh rumah sakit di Banten rekomedasi dari Persatuan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI). Disinfektan luar ruang ini dibuat dengan basis air dan senyawa aktif disinfektan.

Sementara sebanyak 250 liter hand sanitizer akan diserahkan lewat koordinasi Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Hand sanitizer produksi LIPI ini mengandung ethanol sebagai antiseptik, karbomer sebagai pengental, propilen glikol sebagai pelembab, trietanolamin sebagai pembentuk gel dan nano silver sebagai aditif tambahan antiseptik. Selain itu juga ditambahkan aroma isopulegol yang merupakan turunan kedua dari ekstrak minyak sereh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Miftahul Ulum
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper