Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Premium

Memperluas Tes Virus Corona, Berlomba Menaklukkan Pandemi

Pemerintah akhirnya memutuskan untuk melakukan tes massal sebagai salah satu kebijakan mengatasi penyebaran virus corona di Indonesia. Sejumlah fasilitas kesehatan, termasuk laboratorium, pun digandeng.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 23 Maret 2020  |  13:52 WIB
Sampel swab yang akan diuji untuk virus corona di sebuah rumah sakit di Wuhan, China, Sabtu (14/3/2020). - Bloomberg
Sampel swab yang akan diuji untuk virus corona di sebuah rumah sakit di Wuhan, China, Sabtu (14/3/2020). - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA — Beberapa hari lalu, di media sosial, beredar selebaran yang dikeluarkan Unit Kerja Khusus Laboratorium Mikrobiologi Klinik Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Indonesia (UI). Isinya, informasi bahwa lembaga tersebut menerima paket pemeriksaan Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA).

Berdasarkan selebaran tersebut, setidaknya ada tiga paket yang ditawarkan yakni Paket ISPA 1 (SARS-CoV2, Influenza A), Paket ISPA 2 (SARS-CoV2, 13 spesies bakteri), dan Paket ISPA 3 (SARS-CoV2,13 spesies virus, 3 spesies bakteri). Ketiga paket tersebut dibanderol dengan tarif mulai dari Rp1,5 juta hingga Rp2,5 juta.

“Ya, betul. Sebenarnya [ini] paket pemeriksaan ISPA dan salah satunya ada pemeriksaan COVID. [Perbedaan tiap paket] jenis virus atau bakteri yang diperiksa. [Untuk mengetes ada tidaknya COVID-19] Paket ISPA 1,” terang Dekan FK UI Ari Fahrial Syam ketika dihubungi Bisnis, akhir pekan lalu.

Dalam waktu yang hampir bersamaan, juga di media sosial, beredar sebuah selebaran lain yang menggunakan kop surat Rumah Sakit Universitas Airlangga (Unair). Dalam surat tersebut, dibeberkan sejumlah paket lengkap tes COVID-19 dengan biaya mulai dari Rp540.000 hingga Rp2,27 juta.

Anda sedang membaca Premium Konten
Silahkan daftar gratis atau login untuk melanjutkan membaca artikel ini.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top