Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Anjing Pertama di Dunia yang Terinfeksi Virus Corona Akhirnya Mati

Seekor anjing peliharaan di Hong Kong yang terinfeksi virus corona (Covid-19) dilaporkan mati setelah dua hari keluar dari karantina dan pulang ke rumah tuannya.
Renat Sofie Andriani
Renat Sofie Andriani - Bisnis.com 19 Maret 2020  |  04:43 WIB
Warga membeli kebutuhan pokok berada di sebuah supermarket di Shah Alam, Selangor, Malaysia, Selasa (17/3/2020). Setelah Perdana Menteri Muhyiddin Yassin mengumumkan Malaysia melakukan lockdown nasional, sejumlah supermarket diserbu masyarakat. Bloomberg - Samsul Said
Warga membeli kebutuhan pokok berada di sebuah supermarket di Shah Alam, Selangor, Malaysia, Selasa (17/3/2020). Setelah Perdana Menteri Muhyiddin Yassin mengumumkan Malaysia melakukan lockdown nasional, sejumlah supermarket diserbu masyarakat. Bloomberg - Samsul Said

Bisnis.com, JAKARTA – Seekor anjing peliharaan di Hong Kong yang terinfeksi virus corona (Covid-19) dilaporkan mati setelah dua hari keluar dari karantina dan pulang ke rumah tuannya.

Mengutip informasi yang disampaikan oleh si pemilik, Departemen Pertanian, Perikanan, dan Konservasi (AFCD) Hong Kong menyatakan anjing Pomeranian berusia 17 tahun tersebut mati pada Senin (16/3/2020) waktu setempat.

Anjing itu menjalani tes dan masuk karantina sejak 26 Februari, seperti dikutip dari South China Morning Post. Ia ditemukan positif terjangkit virus corona sekalipun virus yang dikandungnya terbilang jinak.

Kabarnya, ini adalah anjing pertama di dunia yang ditemukan terjangkit virus corona. Hewan lucu tersebut tidak menunjukkan gejala apa pun yang berkaitan dengan corona.

Kemudian, setelah menjalani tes lebih lanjut pada 12 dan 13 Maret, anjing itu dinyatakan negatif sehingga diperbolehkan keluar dari karantina pada Sabtu (14/3/2020).

Meski demikian, penyebab kematiannya tidak dapat ditentukan karena tuannya menolak untuk melakukan otopsi. Pemilik anjing itu sendiri, seorang wanita berusia 60 tahun, baru-baru ini dinyatakan pulih dari virus corona yang juga sempat menginfeksinya.

Kasus tersebut telah menjadi perhatian para pecinta hewan yang khawatir hewan peliharaan mereka kemungkinan rentan terhadap penyakit akibat corona ataupun berpotensi menularkannya.

Organisasi Dunia untuk Kesehatan Hewan telah memperingatkan masih belum ada bukti bahwa hewan peliharaan menularkan virus kepada manusia.

“Namun, karena hewan dan manusia kadang-kadang dapat berbagi penyakit, masih disarankan agar siapa pun yang terinfeksi Covid-19 membatasi kontak dengan individu dan hewan lain sampai diketahui lebih banyak informasi tentang virus ini,” tuturnya, seperti dilansir Bloomberg.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hong kong anjing Virus Corona
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top