Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Aduan ke KPAI: Siswa Stres, Banyak Tugas Selama Belajar di Rumah

Program belajar di rumah yang diterapkan terkait pencegahan penularan virus Corona dilaporkan membuat anak stres. Pangkal soalnya, mereka menerima beragam tugas yang harus diselesaikan.
Ilustrasi-Seorang anak belajar dengan menyalakan lilin sebagai alat bantu penerangan saat listrik padam, di Kota Gorontalo, Minggu (6/1/2019)./ANTARA-Adiwinata Solihin
Ilustrasi-Seorang anak belajar dengan menyalakan lilin sebagai alat bantu penerangan saat listrik padam, di Kota Gorontalo, Minggu (6/1/2019)./ANTARA-Adiwinata Solihin

Bisnis.com, JAKARTA - Program belajar di rumah yang diterapkan terkait pencegahan penularan virus Corona dilaporkan membuat anak stres. 

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menerima sejumlah aduan dari orang tua siswa di Jakarta bahwa anak mereka stres karena mendapatkan berbagai tugas dari para guru selama program belajar dari rumah (home learning).

“Kemungkinan besar para guru memahami home learning adalah dengan memberikan tugas-tugas secara online, dan pengumpulannya pun online. Alhasil para siswa dan orang tua mengeluh,” kata Komisioner KPAI, Retno Listyarti, dalam siaran tertulisnya, Rabu (18/3/2020).

Retno mengatakan, seiring dengan 14 hari belajar di rumah, ternyata tugas yang harus dikerjakan anak-anak sangat banyak. Semua guru bidang studi memberikan tugas yang butuh dikerjakan lebih dari 1 jam. Akibatnya, tugas menumpuk dan anak-anak jadi kelelahan.

Padahal, lanjut Retno, maksud belajar dari rumah sesungguhnya ialah memberikan aktivitas belajar rutin kepada siswa agar tetap terbiasa belajar dan menjaga keteraturan.

“Karena keteraturan itu penting bagi anak-anak, agar ketika masuk sekolah kembali semangat belajarnya tidak padam dan materi pembelajaran tidak tertinggal,” ujar Retno.

KPAI menyayangkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta dinas-dinas pendidikan tak melakukan edukasi terlebih dulu kepada guru dan sekolah, ketika ada kebijakan belajar di rumah selama 14 hari. Semestinya ada petunjuk teknis dan petunjuk pelaksanaan seperti apa belajar di rumah dengan metode daring.

Retno mencontohkan, dalam memberi tugas kepada siswa, harus terukur dan dikerjakan maksimal 30 menit. Kemudian tugas diberikan secara tidak berbarengan, tetapi rumpun mata pelajaran bersepakat menentukan hari pemberian tugas agar siswa tidak kewalahan.

Para guru juga disarankan memberi tugas tidak melulu dalam bentuk soal, melainkan penugasan yang menyenangkan, seperti membaca novel tertentu atau buku cerita lalu menuliskan resumenya. Bisa juga anak-anak SD diminta mengurus satu tanaman dan menceritakan nama tanamannya, bentuk dan warna daun, spesiesnya.

“Penugasan tersebut dapat mengasah rasa ingin tahu anak-anak untuk mencari jawabannya. Guru harus kreatif dalam memberikan penugasan,” kata Retno.

KPAI mendorong Dinas Pendidikan setempat dan Kepala Sekolah untuk mengevaluasi metode guru dalam memberikan tugas kepada para siswanya. Retno mengatakan, home learning dan online learning yang diharapkan ialah para guru dan siswa berinteraksi secara virtual. Adanya interaksi seperti hari-hari biasa normal.

KPAI juga mendorong pemerintah daerah dan pemerintah provinsi merumahkan guru selama 14 hari. Jangan peserta didiknya belajar di rumah, tetapi para gurunya tetap masuk untuk memenuhi absen.

“Sehingga ketika 14 hari kemudian, dapat diketahui yang sehat dan yang mungkin tertular sehingga harus dalam pengawasan dan yang bersangkutan tidak ke sekolah dahulu, tetapi berkonsentrasi menyembuhkan diri,” ujar Retno.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Saeno
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper