Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Kota yang Diisolasi di Italia, Kampung Halaman Valentino Rossi Masuk Daftar

Warga di wilayah Lombardy dan 14 provinsi di Italia harus diisolasi hingga 3 April 2020 akibat ganasnya penyebaran virus corona di Negeri Pizza tersebut.
Suasana di salah satu pasar di kota Roma, Italia, ketika virus corona mulai menghantui negara tersebut / Bloomberg
Suasana di salah satu pasar di kota Roma, Italia, ketika virus corona mulai menghantui negara tersebut / Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Italia akan segera melakukan karantina massal terhadap 16 juta warganya yang tinggal di Lombardy dan 14 wilayah lainnya di provinsi bagian tengah dan utara akibat tingginya jumlah korban virus corona.

Hingga akhir minggu lalu, jumlah pasien positif virus corona mencapai 5.883 jiwa dari sebelumnya 1.200 jiwa.

Langkah penutupan akses ke sejumah wilayah tersebut merupakan tindakan yang paling radikal di luar China. Menurut BBC, pemerintah Italia akan menerapkan karantina tersebut hingga 3 April 2020.

Perdana Menteri Giuseppe Conte mengungkapkan karantina ini termasuk keputusan untuk menutup sekolah, sarana olah raga, museum, klub malam dan sejumlah tempat di seluruh wilayah Italia.

"Kami ingin memastikan kesehatan warga kami. Kami mengerti langkah ini akan mengorbankan hal kecil hingga hal besar," kata Conte, dikutip dari BBC, Minggu (8/3/2020).

Karantina ini akan mempengaruhi seperempat populasi di Italia dan beberapa pusat ekonomi di wilayah utara negara tersebut. Dalam aturan karantina ini, warga tidak diizinkan untuk meninggalkan Lombardy, termasuk kota Milan.

Adapun, 14 provinsi yang akan melakukan karantina a.l. Modena, Parma, Piacenza, Reggio Emilia, Rimini, Pesaro, Urbino, Alessandria, Asti, Novara, Verbano Cusio Ossola, Vercelli, Padua, Treviso dan Venice.

"Tidak akan ada pergerakan masuk dan keluar dari area ini atau di antaranya, kecuali untuk pekerjaan khusus, kondisi darurat, atau alasan kesehatan," kata Conte.

Dia menambahkan italia dalam kondisi darurat nasional sehingga pemerintah harus membatasi penyebaran virus dan mencegah rumah sakit penuh.

Kampung halaman pembalap veteran Moto GP Valentino Rossi, Urbino, termasuk ke dalam provinsi yang diisolasi. Selama ini, Urbino menjadi pusat perhatian turis karena kota ini merupakan tempat lahir sang pembalap. Bahkan, sejumlah banyak paket wisata ditawarkan khusus untuk mengunjungi tempat kelahiran Valentino Rossi. Salah satunya, paket tur satu hari kampung halaman Valentino Rossi dengan harga sekitar Rp5,4 juta.

Tidak hanya kampung halaman Valentino Rossi, kota kelahiran duo bersaudara Inzaghi masuk ke dalam daftar wilayah yang diisolasi. Simone Inzaghi dan Filipo Inzaghi diketahui lahir dan merintis karirnya di kota tersebut.

Piacenza merupakan kandang bagi klub sepak bola Piacenza Calcio atau Piacenza F.C. yang kini bermain di serie C.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hadijah Alaydrus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper