Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Massa yang tergabung dalam Serikat Pembebasan Perempuan (Siempre) menggelar aksi 1.000 topeng Marsinah di kawasan Malioboro, DI Yogyakarta, Senin (8/5). - Antara/Hendra Nurdiyansyah
Premium

Historia Bisnis : Dugaan Kematian Marsinah di Markas Militer

08 Maret 2020 | 18:16 WIB
Misteri masih menyelubungi kematian Marsinah meski waktu sudah berjalan hampir setahun. YLBHI mencoba turun ke lapangan dan mencari kebenaran. Mereka menemukan informasi yang cukup kuat bahwa buruh wanita itu diduga tewas di Kantor Kodim.

Bisnis.com, JAKARTA - Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (8/3/1994). Hampir setahun berlalu. Namun, misteri kematian Marsinah masih juga dibayangi misteri. Kedatangan Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) ke kota di Jawa Timur itu, seperti menegaskan ada yang aneh dalam kasus tersebut.

YLBHI menduga, aktivis cum buruh tersebut tewas di tempat yang tak seharusnya: Kantor Komando DIstrik Militer (Kodim) Sidoarjo. “Indikator kea rah itu digali dari 40 sumber dan saksi kunci, termasuk hakim dan jaksa yang memproses perkara tersebut,” ucap Direktur Khusus dan Komunikasi YLBHI, Hendardi, kepada Harian Bisnis Indonesia.

Hari itu, atau 26 tahun yang lalu, Harian Bisnis Indonesia mengangkat secuplik kematian wanita yang lahir 10 April 1969 dan meninggal 8 Mei 1993 tersebut.

Tak banyak isi artikel tersebut. Hanya, locus tewas Marsinah yang diungkap YLBHI itu seperti menegaskan desas-desus di masyarakat saat itu. Yang menduga, ada keterkaitan kematian Marsinah dengan aparat keamanan.

Menurut Hendardi, temuan tim YLBHI di lapangan tidak hanya mendengar keterangan dari masyarakat, tetapi juga petugas keamanan dari Polres dan Kodim Sidoarjo.

Dibentuknya tim pencari fakta YLBHI, katanya, karena terjadi kesimpang siuran keterangan tentang tanggal dan tempat ditemukannya jenazah.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top