Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Quipper Luncurkan Program Beasiswa Kuliah, Targetkan 20.000 Pendaftar

Quipper Scholarship Award 2020 adalah pemberian beasiswa yang bekerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi di Jakarta.
Quipper Scholarship Award 2020./Quipper
Quipper Scholarship Award 2020./Quipper

Bisnis.com, JAKARTA — Platform edukasi teknologi atau bimbingan belajar daring Quipper meluncurkan Quipper Scholarship Award 2020, sebuah apresiasi pemberian beasiswa gratis yang bekerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi di Jakarta.

Ajang yang merupakan bagian dari layanan Quipper Campus ini telah dibuka pendaftarannya secara online pada 18 Februari 2020. Dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Kamis (27/2/2020), jumlah peserta yang ditargetkan mencapai 20.000 pendaftar.

Adapun perguruan tinggi yang bekerja sama di antaranya Universitas Bina Nusantara (Binus), Universitas Trisakti, Universitas Paramadina, PPM School of Management, IPMI International Business School, SAE Institute Jakarta, dan GS FAME Institute of Business. Selain itu, Quipper juga mendapat dukungan dari Koinworks.

"Quipper Scholarship Award ini diharapkan dapat membantu siswa-siswi di Indonesia agar bisa meraih peluang yang lebih luas untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi dan mencapai cita-cita. Selain itu, kami juga ingin memberi kesempatan kepada mereka yang belum berhasil lulus SBMPTN namun masih ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi swasta dengan biaya yang lebih terjangkau," papar Quipper Campus Team Lead Ivonny.

Jenis beasiswa yang ditawarkan di antaranya full scholarship fund dan partial scholarship fund. Jika penerima full scholarship fund akan memeroleh pendanaan kuliah sebesar 100 persen hingga lulus, maka partial scholarship fund akan mendapatkan 20-75 persen pembiayaan kuliah hingga lulus.

Untuk mendapatkan beasiswa, para peserta harus mendaftarkan diri melalui halaman beasiswa Quipper Campus dan memilih dua dari daftar universitas yang tersedia. Setelah dinyatakan terdaftar, calon peserta akan mengikuti serangkaian seleksi melalui online test pada 6-17 April 2020.

Kategori beasiswa yang ditawarkan tiap universitas berbeda-beda, tergantung kebijakan dari pihak universitas.

Ivonny melanjutkan peserta yang dapat mengikuti program ini adalah murid SMA berusia 17-20 tahun. Adapun materi yang bakal diujikan adalah Tes Potensi Skolastik (TPS), yang dikerjakan via online melalui laman Quipper Campus.

Proses seleksi dan penilaian berlangsung pada April-Mei 2020 dan diumumkan pada 12 Juni 2020. Peserta yang lulus dengan nilai terbaik akan mendapat Letter of Acceptance (LoA) dari universitas yang dipilih.

"Angka Partisipasi Kasar (APK) perguruan tinggi di Indonesia hanya sekitar 34,58 persen, yang berarti ada sekitar 65,42 persen siswa yang memilih tidak melanjutkan ke perguruan tinggi karena keterbatasan biaya dan kesempatan. Oleh karena itu, program Quipper Scholarship Award ini diharapkan dapat menjadi alternatif bagi para siswa dan siswi berprestasi untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi," paparnya.

Menurut data Quipper, APK pendidikan tinggi di Indonesia masih lebih rendah ketimbang Malaysia yang sebesar 38 persen dan Singapura yang mencapai 78 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Annisa Margrit
Editor : Annisa Margrit
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper