Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Umat Islam melakukan Tawaf keliling Ka'bah sebagai bagian dari pelaksanaan ibadah Umrah di Masjidil Haram, Makkah Al Mukarramah, Arab Saudi, Jumat (3/5/2019). - ANTARA/Aji Styawan
Premium

Meluasnya 'Teror' Virus Corona

27 Februari 2020 | 15:41 WIB
Penyebaran virus corona yang tak menunjukkan tanda-tanda melambat terus menunjukkan dampak negatif di seluruh dunia. Kini, penyelenggaraan umrah disetop sementara dan Olimpiade Tokyo 2020 terancam dibatalkan.

Bisnis.com, JAKARTA — Cepatnya penyebaran virus corona menimbulkan kekhawatiran terhadap terjadinya pandemi di seluruh dunia. Kini, penyelenggaraan umrah disetop sementara dan Olimpiade Tokyo 2020 pun terancam batal.

Dalam keterangan resminya, Kamis (27/2/2020), Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi mengumumkan penangguhan sementara layanan umrah dan pariwisata bagi warga dari luar Arab Saudi. Kebijakan ini merupakan bagian dari upaya penyebaran virus corona.

Seperti disampaikan melalui akun Twitter resminya, ada tiga hal yang diputuskan. Pertama, menangguhkan masuknya jemaah umrah dan pengunjung ke makam Nabi Muhammad SAW.

Kedua, menangguhkan masuknya pemilik visa turis dari negara-negara di mana penyebaran virus corona berada dalam kategori berbahaya, sesuai kriteria yang ditentukan oleh otoritas kesehatan di Arab Saudi.

Ketiga, menangguhkan penggunaan kartu identitas oleh warga Arab Saudi dan Dewan Kerja Sama Teluk untuk bepergian dari dan menuju Arab Saudi. Kecuali, untuk warga Arab Saudi yang berada di luar negeri yang menggunakan kartu identitasnya untuk bepergian dan warga negara Teluk yang berada di Arab Saudi yang ingin pulang ke negaranya, yang sebelumnya menggunakan kartu identitas untuk masuk ke Arab Saudi.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top