Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Kembali Bahas Relokasi Ibu Kota Baru dengan Korsel

Menteri Lingkungan Hidup Korea Selatan hanya menyampaikan pengalaman negara tersebut dalam membangun kota yang mengusung konsep keberlanjutan.
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa. Bisnis/Abdullah Azzam
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa. Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo atau Jokowi  menyambut positif ketertarikan Korea Selatan (Korsel) terhadap pembangunan Ibu Kota baru Indonesia. Namun pembahasan lebih lanjut mengenai hal tersebut belum dilakukan.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa usai bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (25/2/2020).

Dalam pertemuan itu dia mendampingi Menteri Lingkungan Hidup Korea Selatan Cho Myung-Rae.

"Korea Selatan juga berminat pada Ibu Kota Baru  dan bapak presiden menyambut positif karena itu artinya ada peluang untuk bisa kerja sama," kata Suharso di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (25/2/2020).

Suharso menceritakan bahwa dalam pertemuan tersebut belum ada pembahasan detail mengenai kerja sama kedua negara. Menteri Lingkungan Hidup Korea Selatan hanya menyampaikan pengalaman negara tersebut dalam membangun kota yang mengusung konsep keberlanjutan. Selain itu, Myung-Rae juga menyampaikan latar belakangnya di bidang urban development.

Adapun sebelumnya Presiden Jokowi sempat mengajak Korea Selatan untuk investasi di  Ibu Kota Indonesia yang baru. Hal ini dia sampaikan dalam kunjungan ke Busan.

Sementara itu sejauh ini rencana relokasi Ibu Kota oleh pemerintah Indonesia telah menarik minat investasi dari sejumlah pihak. Satu di antaranya Softbank Group Corp yang menawarkan investasi senilai US$30 miliar-US$40 miliar.

Seperti diberitakan Bisnis sebelumnya, Menko Maritim dan Investasi Luhut B. Pandjaitan mengatakan akan bertemu kembali dengan pendiri sekaligus CEO Softbank Masayoshi Son di Davos, Swiss. Sebelumnya, Luhut telah bertemu dengan Masayoshi di Jakarta pada awal Januari 2020.

Selain Softbank, Uni Emirat Arab juga berminat menanamkan modal di ibu kota baru. Luhut menjamin pemerintah tetap memegang prinsip saling menguntungkan dan menghormati. 

Selain mencari investor, pemerintah telah menunjuk beberapa tokoh internasional menjadi Dewan Pengarah. Penunjukan ini untuk membangun kepercayaan dunia internasional.

Seperti diketahui, Dewan Pengarah terdiri atas putra mahkota UEA Pangeran Mohamad Bin Zayed, mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair, dan CEO Softbank Masayoshi Son. 

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) sebelumnya menyebut perincian sumber pembiayaan pemindahan Ibu Kota.

Dari kebutuhan biaya senilai Rp486 triliun, pembiayaan dengan skema kerja sama pemerintah-badan usaha (KPBU) direncanakan Rp265,2 triliun (54,6 persen), APBN Rp93,5 triliun (19,2 persen) dan swasta Rp127,3 triliun (26,2 persen).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper