Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Virus Corona, WNI ABK Diamond Princess Jalani Tes PCR

Empat dari 78 WNI yang menjadi kru kapal Diamond Princess dikonfirmasi positif Covid-19. Keempatnya telah dibawa ke rumah sakit di kota Chiba dan Tokyo untuk menjalani perawatan.
Ilustrasi virus corona/Istimewa
Ilustrasi virus corona/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo melaporkan bahwa WNI ABK yang masih berada di kapal pesiar Diamond Princess telah melakukan tes PCR (Polymerase Chain Reaction). KBRI masih menunggu hasil tes virus corona baru (Covid-19) tersebut.

"Otoritas Jepang telah melakukan tes PCR bagi para WNI ABK yang masih di atas kapal pesiar Diamond Princess dan saat ini menunggu hasilnya. Secara keseluruhan ada 78 WNI ABK dan beberapa di antaranya telah dinyatakan positif terjangkit Covid-19," demikian pernyataan resmi KBRI Tokyo melalui akun resmi Twitternya, Minggu (23/2/2020).

Sebelumnya diberitakan, empat dari 78 WNI yang menjadi kru kapal Diamond Princess dikonfirmasi positif Covid-19. Keempatnya telah dibawa ke rumah sakit di kota Chiba dan Tokyo untuk menjalani perawatan.

Selain itu, KBRI Tokyo juga menyampaikan kondisi dan situasi terkini di Jepang di tengah meningkatnya kasus Covid-19. KBRI menyampaikan bahwa Jepang berupaya secara serius membatasi penyebaran virus ini, salah satunya dengan membatalkan berbagai kegiatan besar, seperti upacara ulang tahun Kaisar, serta Tokyo Marathon pada kategori pelari umum.

Pemerintah Metropolitan Tokyo telah mengeluarkan kebijakan yang membatasi penyelenggaraan kegiatan umum di tempat terbuka serta membatalkan acara di tempat tertutup, dan masyarakat Tokyo diimbau untuk menunda atau membatalkan kegiatannya, kecuali untuk hal yang sulit dijadwalkan kembali.

KBRI menyebut masyarakat Jepang telah membatasi pergerakannya di tempat umum serta memperbanyak pemakaian masker kesehatan untuk mengurangi risiko penularan.

"Dengan berbagai pertimbangan tersebut, KBRI Tokyo juga mengimbau para WNI untuk berhati-hati selama di Jepang dan selalu mengikuti perkembangan dan informasi yang dikeluarkan otoritas setempat," tulis KBRI.

KBRI Tokyo akan terus memantau perkembangan dan berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk terus menjaga keamanan dan keselamatan WNI di Jepang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper