Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Polri Bagikan Tips agar Anak Terhindar dari Kekerasan Seksual

Polri membagikan tips dan trik kepada orang tua agar anaknya terhindar dari kejahatan seksual yang belakangan ini dinilai marak terjadi di sekolah.
Ilustrasi kekerasan pada anak/Antara
Ilustrasi kekerasan pada anak/Antara
 Bisnis.comJAKARTA - Polri membagikan tips dan trik kepada orang tua agar anaknya terhindar dari kejahatan seksual yang belakangan ini dinilai marak terjadi di sekolah.
 
Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono mengemukakan ada tiga tips dan trik untuk orang tua agar anaknya terhindar dari kejahatan seksual tersebut. Tips dan trik yang pertama, menurut Argo yaitu memeriksa handphone sang anak yang sudah mulai diberikan gawai.
 
Menurutnya, jika ponsel pintar anak itu terkunci dan menggunakan password, orang tua patut untuk curiga mengenai isi ponsel anak tersebut.
 
"Kalau gadget anak itu dikunci, orang tua tetap harus mengeceknya, karena kalau masih kecil sudah memakai password di hanphonenya, kita perlu waspada," tuturnya, Jumat (21/2).
 
Kemudian yang kedua, orang tua disarankan agar lebih peka terhadap setiap perubahan kebiasaan anaknya. Menurutnya, anak yang menjadi korban kekerasan seksual biasanya memiliki kebiasaan yang berbeda dari biasanya.
 
"Kemudian yang kedua, ada perubahan perilaku pada anak, berbeda dari biasanya. Mohon untuk peduli dan jangan dibiarkan," katanya.
 
Terakhir, kata Argo, jika anak tersebut memakai media sosial, orang tua harus rutin memantau apa saja aktivitas sang anak di media sosial, sehingga orang tua dapat melakukan pencegahan jika ada potensi kekerasan seksual terhadap anak.
 
"Media sosial anak juga harus diperhatikan ya, tetap dalam harus dalam pengawasan orang tua," ujarnya.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper