Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indonesia Percaya Diri dalam Mencari Peluang di Asia Tenggara

Kondisi tenaga kerja multigenerasi dan keberagaman pekerja, dapat menguntungkan serta mendorong pertumbuhan perusahaan.
Ilustrasi/Businessnewsdaily
Ilustrasi/Businessnewsdaily

Bisnis.com, JAKARTA -- LinkedIn, jaringan profesional terbesar di dunia, baru saja meluncurkan LinkedIn Opportunity Index 2020 yaitu kumpulan data yang berupaya memahami bagaimana orang-orang mengartikan peluang.

Adapun penelitian ini mensurvei lebih dari 30.000 responden di 22 negara secara global, termasuk 1.010 responden dari Indonesia. Kemudian pada penelitian ini menemukan bahwa upaya jangka panjang masyarakat Indonesia untuk mendapatkan kualitas hidup yang baik pada akhirnya ditentukan oleh kesehatan yang baik.

Namun, saat ini, tujuan karir dan kehidupan adalah yang paling penting bagi mereka. Secara khusus, orang Indonesia tertarik untuk mencari peluang yang memungkinkan mereka untuk memiliki keseimbangan antara kehidupan dan pekerjaan (work-life balance), peluang yang selaras dengan minat/passion mereka dan peluang yang dapat memaksimalkan keterampilan mereka.

Namun, pada saat mencari peluang-peluang yang ada, mereka terhalang oleh adanya kesenjangan peluang (opportunity gaps), atau hambatan yang dapat menghalangi mereka untuk mendapatkan peluang tersebut, seperti kurangnya jaringan dan koneksi, status keuangan, usia dan pasar kerja yang sulit.

Indonesia Percaya Diri dalam Mencari Peluang di Asia Tenggara

Kendati begitu, Indonesia menunjukkan optimisme akan stabilitas masa depan. Berdasarkan survei, Indonesia paling percaya diri untuk mencapai peluang di Asia Tenggara, sama halnya dengan negara berkembang lainnya yang juga merasa optimis untuk mengakses peluang.

Hal tersebut didorong oleh kepercayaan masyarakat terhadap potensi pertumbuhan ekonomi mereka, serta keyakinan dalam mendapatkan akses untuk mencapai peluang yang mereka anggap penting.

Dengan 44 persen orang Indonesia mencari peluang untuk mengejar minat mereka serta pandangan yang kuat tentang keuangan pribadi mereka dalam 12 bulan ke depan, tidak mengherankan bahwa hampir satu dari tiga orang Indonesia menginginkan untuk memulai bisnis mereka sendiri.

Indonesia bersama dengan Filipina dan Meksiko unggul dalam hal ini, dibandingkan dengan negara-negara lainnya. Penelitian ini juga mengungkapkan optimisme yang lebih tinggi di antara orang Indonesia yang tinggal di daerah perkotaan, serta mereka yang memiliki tingkat pendapatan dan pendidikan yang lebih tinggi.

Secara keseluruhan, sebagian besar orang Indonesia merasa bahwa mereka secara finansial lebih baik daripada orang tua mereka ketika berada di usia yang sama.

Pekerja Multigenerasional Menghadirkan Peluang Baru

Dengan populasi yang muda dan terus bertambah, tidak mengherankan jika generasi milenial mulai mewarnai dunia kerja di Indonesia. Hanya dalam beberapa tahun, generasi tersebut akan mewakili demografis terbesar di semua tempat kerja.

Sebagai contoh, kabinet presiden Indonesia yang baru terpilih dan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) merekrut lebih banyak talenta muda untuk bergabung sebagai manajemen senior mereka.

Indonesia Percaya Diri dalam Mencari Peluang di Asia Tenggara

Penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa usia lebih banyak menjadi hambatan utama bagi generasi yang lebih tua dengan proporsi Gen X dan Boomer yang lebih tinggi mengatakan kesulitan dalam mengatasinya, dibandingkan dengan Gen Z dan Millenial.

Menariknya, usia bermanifestasi sebagai peluang yang berbeda untuk kelompok umur lainnya. Misalnya, usia adalah tantangan bagi kaum muda dengan pengalaman kerja yang tidak mencukupi (25% dari Gen Z), dan mereka yang tidak memiliki koneksi yang tepat (25% dari generasi Millenial). 

“Untuk pertama kalinya, empat generasi bekerjasama. Sudah waktunya bagi perusahaan untuk mengesampingkan diskriminasi terhadap usia di tempat kerja, dan menjadikan tenaga kerja multigenerasi sebagai peluang,” ungkap Olivier Legrand, Managing Director, LinkedIn Asia Pacific lewat keterangan resmi yang diterima Bisnis, Jumat, (14/2)

Menurutnya, kesenjangan keterampilan terbesar yang kita lihat saat ini adalah soft skill di antara Gen Z dan milenial, dan keterampilan teknologi di antara generasi yang lebih tua. Pihaknya ingin mendorong perusahaan untuk merekrut untuk keterampilan tambahan dan untuk mempromosikan kolaborasi serta bimbingan dua arah di antara tenaga kerja mereka.

 "Hal ini juga merupakan perjalanan yang kami lalui di LinkedIn karena kami percaya bahwa tenaga kerja multigenerasi dan keberagaman pekerja dapat menguntungkan perusahaan serta mendorong pertumbuhan," tambah Legrand.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper