Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

China Yakin Virus Corona Tak Ganggu Hubungannya dengan Indonesia

China yakin virus corona (covid-19) tak akan menjadikan hubungan mereka dengan Indonesia terganggu. Justru, hubungan ini akan semakin menguat, mengingat sejarah kerja sama kedua negara selama ini.
Seorang perempuan menggunakan masker saat berjalan bersama rekannya di Chinatown di wilayah Manchester, Inggris, Senin (27/1/2020)./Reuters
Seorang perempuan menggunakan masker saat berjalan bersama rekannya di Chinatown di wilayah Manchester, Inggris, Senin (27/1/2020)./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Wabah virus corona (covid-19) sepertinya tak menjadikan China pesimistis mengenai hubungannya dengan Indonesia. Justru, Negeri Tirai Bambu itu merasa yakni hubungan kedua negara bakal lebih erat ke depannya.

Sikap optimistis tersebut disampaikan langsung oleh juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Geng Shuang di Beijing, Rabu (12/2/2020) sore. Menurut Geng, sikap tersebut harus dilakukan guna mensejahterakan kedua negara.

“Justru dalam menghadapi epidemi ini, jalinan di antara kita tidak bisa diputuskan, kerja sama tidak bisa dihentikan, dan upaya untuk menyejahterakan kedua bangsa juga tidak boleh berhenti," katadia.

Kedua belah pihak, lanjut Geng, juga telah siap meminimalkan dampak epidemi dalam hal kerangka hubungan bilateral.Kedua negara berpenduduk terbesar di Asia itu pernah saling membantu saat sama-sama mengalami bencana alam. Misalnya, saat bencana tsunami di Aceh pada 2004 yang menewaskan sekitar 300 ribu jiwa, China memberikan donasi kepada Indonesia.

Demikian pula saat bencana gempa bumi di Wenchuan, Provinsi Sichuan, pada 2008 yang menewaskan lebih dari 80 ribu orang, Indonesia turut pula memberikan bantuan kepada pemerintah China.

Ketika wabah Covid-19 melanda China, Indonesia juga memberikan bantuan berupa alat-alat kesehatan, baik yang langsung diberikan ke Wuhan sebagai episentrum wabah mematikan itu maupun melalui Beijing. "Kami juga telah memberikan perhatian kepada warga Indonesia yang berada di China," ujar Geng menambahkan.

Tahun 2020 merupakan peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan China."Oleh karena itu, saya percaya bahwa di bawah kepemimpinan kedua kepala negara, rakyat di kedua negara akan saling mendorong persahabatan dan kerja sama antara China dan Indonesia akan sesuai harapan kedua kepala negara," katanya.

Presiden Xi menelepon Presiden Jokowi, Selasa (11/2) malam, untuk menyatakan keyakinannya memenangi pertempuran melawan virus yang sudah merenggut 1.112 orang warga China itu. Dalam kesempatan itu, Xi menyampaikan terima kasih kepada Jokowi atas bantuan yang diberikan pemerintah Indonesia kepada China dalam mengatasi wabah penyakit yang menyerang paru-paru tersebut.

Sebelumnya Xi juga menelepon Presiden Amerika Serikat Donald Trump untuk menyatakan keyakinannya yang sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Andya Dhyaksa
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper