Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Kendaraan bermotor terjebak kemacetan lalu lintas di jalan di atas Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) seksi II yang belum beroperasi di Depok, Jawa Barat, Sabtu (11/5/2019). - ANTARA/Yulius Satria Wijaya
Lihat Foto
Premium

Menolak Jejak Kemacetan Kota Penyangga Jakarta

Integrasi transportasi dan aksesibilitas dari dan ke ibu kota baru mesti disiapkan dengan matang agar nasib Jakarta dan kota-kota penyangganya tak terulang.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com
31 Januari 2020 | 09:32 WIB

Bisnis.com, BALIKPAPAN — Ilham Adiansyah harus bangun pagi-pagi sekali setiap hari. Setidaknya sebelum matahari terbit atau pukul 05.30 WIB, dia sudah berangkat untuk bekerja.

Maklum, dengan lokasi rumah yang berada di Ciputat, Tangerang Selatan dan domisili kantor di Tanjung Priok, Jakarta Utara, ada jarak 30 kilometer (km) yang harus ditempuhnya setiap pagi. Dengan kondisi Jakarta yang sangat padat pada jam sibuk, dia harus melaju menggunakan sepeda motor tepat waktu.

Peraturan di perusahaannya mewajibkan semua pekerja sudah datang sebelum pukul 08.00 WIB. Telat setengah jam saja bisa celaka.

Ilham yang sudah bekerja selama 5 tahun lebih itu pun sudah punya perkiraan waktu. Jika berangkat pukul 05.30 WIB, kondisi jalan masih agak lengang. Lewat dari itu, dia harus berjibaku salip-menyalip dengan kendaraan pribadi dan transportasi umum yang digunakan pekerja lain.

Warga menunggu bus di Halte Bus Transjakarta Harmoni, Jakarta Pusat, Kamis (23/5/2019)./ANTARA FOTO-Fanny Octavianus

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

To top