Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Australia Akan Ungsikan 600 Warganya dari China ke Pulau Terpencil

Australia akan mengevakuasi sekitar 600 warganya yang terdampak kasus virus corona di Provinsi Hubei, China ke Christmas Island. Pulau terpencil itu dikenal dengan sejarah suram yang dulunya digunakan untuk menahan para pencari suaka.
Christmas Island/Reuters
Christmas Island/Reuters
Bisnis.com, JAKARTA - Australia akan mengevakuasi sekitar 600 warganya yang terdampak kasus virus corona di Provinsi Hubei, China ke Christmas Island. Pulau terpencil itu dikenal dengan sejarah suram yang dulunya digunakan untuk menahan para pencari suaka.

Dilansir Bloomberg, Rabu (29/1/2020), Perdana Menteri Australia Scott Morrison mengatakan bahwa pemerintahnya sedang dalam pembicaraan dengan pihak berwenang China untuk mengevakuasi warganya dan warga Selandia Baru yang terisolasi dan rentan terhadap virus mematikan itu.

Selain itu, Pemerintah Australia tengah berunding dengan Qantas Airways Ltd. untuk mengatur penerbangan yang akan membawa warga terdampak ke pulau di lepas pantai barat laut negara itu selama dua minggu.

Sebagai bagian dari kebijakan Australia untuk mencegah pencari suaka, dari 2001 hingga 2018 Christmas Island digunakan sebagai pusat penahanan bagi orang-orang yang datang dari negara-negara seperti Iran, Afghanistan dan Sri Lanka tanpa visa. Para pencari suaka itu ditolak izin untuk mengajukan status pengungsi dan didesak untuk kembali ke tanah air mereka.

Sempat ditutup sementara waktu, pusat penahanan dibuka kembali oleh Morrison tahun lalu.

Seorang  juru bicara Qantas mengatakan bahwa maskapai itu bekerja dengan pemerintah untuk membawa Australia kembali dari Wuhan.

Pesawat Boeing Co 747 milik maskapai tidak akan bisa mendarat di Pulau Christmas sehingga pengaturan masih dalam pembicaraan.

Menurut reporter Broadcasting Corp. yang berbasis di China, Bill Birtles, tidak semua warga Australia kelahiran Negeri Tirai Bambu itu setuju dengan rencana pemerintah. Di media sosial muncul cuitan mengenai kekhawatiran tentang fasilitas medis di pulau itu serta kondusifitasnya untuk anak-anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Reni Lestari
Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper