Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jepang Siapkan Pesawat Carter Jemput Warganya ke Wuhan

Penerbangan dapat membawa sekitar 200 penumpang. Sementara itu, terdapat sekitar 650 warga Jepang juga berharap bisa segera pulang.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 28 Januari 2020  |  14:52 WIB
Seorang polisi mengenakan masker melewati papan pengumuman soal virus corona di Bandara Haneda, Tokyo, Jepang (20/1/2020). - Reuters/Kim Kyung-Hoon
Seorang polisi mengenakan masker melewati papan pengumuman soal virus corona di Bandara Haneda, Tokyo, Jepang (20/1/2020). - Reuters/Kim Kyung-Hoon

Bisnis.com JAKARTA -- Jepang bakal mengirim pesawat carter untuk mengevakuasi warga negaranya pada Selasa malam ke Wuhan, China.

Menteri Luar Negeri Toshimitsu Motegi mengatakan penerbangan dapat membawa sekitar 200 penumpang. Sementara itu, terdapat sekitar 650 warga Jepang juga berharap bisa segera pulang. Hal ini dilakukan seiring dengan meningkatnya kasus virus Corona yang mencapai hingga 106 orang yang tewas di China. 

Pemerintah Jepang sedang mengatur penerbangan tambahan yang akan berangkat ke Wuhan pada hari keesokan harinya. 

"Kami akan mengirimkan penerbangan pertama ke Wuhan malam ini, yang akan membawa masker, pakaian pelindung, dan barang-barang pendukung lainnya untuk orang-orang China dan warga negara Jepang di sana,” ujarnya pada Selasa (28/1/2020).

Penerbangan itu juga akan membawa dokter dan dua perawat di pesawat untuk pemeriksaan medis bagi mereka yang kembali.

Mereka yang memiliki gejala seperti demam akan dikirim ke rumah sakit saat mendarat di bandara Haneda Tokyo. Dia menambahkan mereka yang tidak memiliki tanda-tanda virus dapat pulang dan melanjutkan aktivitas masing-masing. Namun, masyarakat tetap diminta menghindari keramaian dan mengukur suhu mereka dua kali sehari.

Siapa pun yang kemudian mengalami gejala-gejala seperti demam, batuk atau sakit tenggorokan akan diminta untuk menghubungi petugas kesehatan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jepang virus corona

Sumber : Reuters

Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top