Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Epidemi Virus Corona, Pertemuan WHO Tak Undang Taiwan

Jumlah kasus baru pneumonia Coronavirus di Wuhan China telah melonjak. Kasus ini juga telah muncul di negara-negara lain seperti Thailand, Amerika Serikat, Jepang, dan Korea Selatan. Seorang pasien yang dikonfirmasi juga muncul di Taiwan pada tanggal 22 Januari 2020. 
Keluarga mengenakan masker, termasuk anak-anak di  stasiun kereta di Provinsi Hubei China, 22 Januari 2020./Reuters
Keluarga mengenakan masker, termasuk anak-anak di stasiun kereta di Provinsi Hubei China, 22 Januari 2020./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Jumlah kasus baru pneumonia Coronavirus di Wuhan China telah melonjak. Kasus ini juga telah muncul di negara-negara lain seperti Thailand, Amerika Serikat, Jepang, dan Korea Selatan. Seorang pasien yang dikonfirmasi juga muncul di Taiwan pada tanggal 22 Januari 2020. 

Keterangan dari Taipei Economic and Trade Office (TETO) menyatakan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengadakan pertemuan darurat pada 22 Januari dan mengundang negara-negara dengan kasus yang dikonfirmasi untuk hadir.

Namun, Taiwan tidak diundang ke pertemuan itu karena hambatan dari China.

Seperti yang diketahui, alasan mengapa Taiwan tidak bisa menjadi negara anggota Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) disebabkan karena China telah memperkuat "Prinsip Satu China" di WHO.

Virus pneumonia Wuhan berasal dari China, dan menyebar karena pemerintah China menyembunyikan epidemi ini pada tahap awal.

Taiwan letaknya berdekatan dengan China, dan ancaman terkena infeksi sangat besar. Ketika WHO menganggap situasi ini sebagai hal yang mendesak dan mengadakan pertemuan darurat, seharusnya mengundang Taiwan untuk bergabung dalam upaya pencegahan epidemi.

Namun demikian, Cina masih bersikeras pada pandangan politik, dan mencegah Taiwan untuk berpartisipasi dalam pertemuan darurat WHO.

China mengklaim ke pihak luar bahwa "tidak ada yang lebih peduli tentang kesehatan rekan Taiwan dibandingkan dengan pemerintah China" dan " partisipasi Taiwan dalam organisasi internasional harus berdasarkan Prinsip Satu China".

“Tindakan yang mengabaikan kesehatan warga Taiwan dan seluruh dunia ini sangatlah keterlaluan,” dikutip dari pernyataan TETO, Jumat (24/1/2020).

Masyarakat internasional tentu masih ingat ketika "Sindrom Pernafasan Akut Parah" (SARS) yang terjadi pada tahun 2003, ini juga karena hambatan politik "Prinsip Satu China", sehingga Taiwan kesulitan mendapatkan bantuan pertama dari WHO, yang mengakibatkan tragedi yang menewaskan puluhan staf medis Taiwan dan warga yang tidak bersalah.

Pemerintah China tidak punya hak mengesampingkan Taiwan dari sistem pencegahan epidemi global, apalagi mengabaikan kesejahteraan rakyat Taiwan, dan dengan pemikiran politik yang bias mengerdilkan status Taiwan.

Saat ini, ada lebih dari 300.000 warga Indonesia yang bekerja, belajar dan tinggal di Taiwan. Taiwan melakukan langkah-langkah pencegahan epidemi demi kesehatan dan keselamatan warga Taiwan dan semua warga asing yang tinggal di Taiwan.

Taiwan berada di garis depan dalam perjuangan melawan virus corona baru. Taiwan menyerukan WHO untuk mengedepankan pertimbangan profesional medis, menghapus prasangka politik, dan mengundang Taiwan untuk berpartisipasi dalam pertemuan, mekanisme, dan aktivitas terkait epidemi ini.

Taiwan juga mengimbau Indonesia dan negara-negara lain di dunia untuk berdiri di garis depan bersama dengan Taiwan untuk memerangi epidemi baru dari China.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akhirul Anwar
Editor : Akhirul Anwar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper