Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penyanyi Dangdut hingga Cowok Tatoan Luapkan Amarah pada Yasonna Laoly dengan Sindiran

Hujan lokal yang mengguyur kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan tidak melunturkan semangat warga Tanjung Priok berunjuk rasa setelah tersinggung atas pernyataan Menteri Hukum dan HAM Yosanna Laoly yang menyebutkan Tanjung Priok kumuh, miskin, dan kriminal.
Penyanyi dangdut kurang terkenal Bebizie ikut aksi damai 221 Priok Bersatu tuntut Menteri Yosanna minta maaf di depan Kantor Kemenkumham, Jakarta Selatan, Rabu (22/1/2020)./Antara
Penyanyi dangdut kurang terkenal Bebizie ikut aksi damai 221 Priok Bersatu tuntut Menteri Yosanna minta maaf di depan Kantor Kemenkumham, Jakarta Selatan, Rabu (22/1/2020)./Antara

Bisnis.com, JAKARTA  - Hujan lokal yang mengguyur kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan tidak melunturkan semangat warga Tanjung Priok berunjuk rasa setelah  tersinggung atas pernyataan Menteri Hukum dan HAM Yosanna Laoly yang menyebutkan Tanjung Priok kumuh, miskin, dan kriminal.

Ratusan warga Tanjung Priok ramai-ramai turun ke jalan mendatangi Kantor Kementerian Hukum dan HAM yang terletak di Jalan Rasunan Said, Jakarta Selatan, Rabu (22/1/2020).

Tujuan kedatangan mereka adalah meminta klarifikasi dan menuntut Menteri Yosanna Laoly untuk meminta maaf kepada warga Tanjung Priok.

Derasnya hujan tidak membuat pengeras suara mobil komando soak, warga Tanjung Priok dengan lantang berorasi dan mengkritisi pernyataan menteri yang ahli di bidang kriminolog tersebut.

Warga yang marah dan tersinggung berkomitmen untuk menyampaikan kemarahannya secara damai melalui aksi yang mereka namai aksi damai #221 Priok Bersatu.

Ratusan warga yang tersinggung itu mendatangi kantor Kemenkumham menggunakan sepeda motor, dua bus metro mini tujuan Tanjung Priok-Cilincing, dan dua mobil komando.

Mayoritas mereka yang turun aksi adalah laki-laki, didominasi usia muda, pelajar beberapa ada juga yang sudah usai senja.

Ratusan kendaraan massa aksi diparkir di depan Kantor Kemenkuham menghabiskan dua jalur Jalan Rasuna Said, hingga menyisakan hanya satu jalur untuk dilewati  pengendara lain.

Kemacetan pun tidak terhindarkan, tapi warga Tanjung Priok bersama-sama petugas Lantas Polda Metro Jaya dan Polres Metro Jakarta Selatan membantu pengendara lainnya tetap lancar melintas selama aksi damai berlangsung.

"Aksi ini murni dari masyarakat Tanjung Priok yang punya ide untuk menyampaikan aspirasinya tanpa dikoordinir oleh kelompok manapun, datang dengan sendirinya bahkan ada yang bolos kerja," kata Dimas perwakilan warga Tanjung Priok.

Penyanyi Dangdut hingga Cowok Tatoan Luapkan Amarah pada Yasonna Laoly  dengan Sindiran

 Seorang massa aksi membawa poster dalan aksi damai #221 Priok Bersatu di depan Kantor Kemenkumham, Jakarta Selatan, Rabu (22/1/2020)./Antara

Orasi Sindiran

Warga Tanjung Priok yang tersinggung melampiaskan kemarahannya melalui orasi yang disampaikan oleh para orator yang menempati singgasana mobil komando.

Secara berganti-gantian mereka berorasi di atas mobil komando adalah Kemal Abubakar, Erwin Suwarno, Nurohman, hingga penyanyi dangdut asal Tanjung Priok Bebizie yang mengaku sebagai artis yang belum terkenal.

Dalam orasinya yang berisi kata-kata kritikan, sindiran,hingga guyonan membuat massa aksi maupun petugas keamanan tersenyum geli.

"Kami tidak terima kampung kami dituduh kirminal," kata Kemal Abubakar koordintor massa aksi Priok Bersatu.

Kemal mengatakan mereka yang hadir dalam massa aksi juga ada yang mantan narapidana, tapi tidak korupsi. Ia juga meminta Menteri Yosanna lebih baik mengurusi narapidana korupsi yang leluasa keluar masuk lapas dari pada mengurusi Tanjung Priok.

Kemal  menilai pernyataan Menteri Yosanna yang ahli bidang kriminolog tidak mendasar yang mengatakan Tanjung Priok kumuh, miskin, dan kriminal. Namun, dia tidak menampik kalau dahulu Priok dikenal sebagai kawasan kelam.

"Kami memang punya masa lalu, tapi kami juga punya masa depan," kata Kemal.

Nurohman orator lainnya mengatakan kemiskinan warga Tanjung Priok  karena pemerintah gagal menyejahterakan.

"Kita dibilang miskin tidak apa-apa ternyata pemerintah gagal menyejahterakan warga Priok," lanjutnya.

Erwin Suwarno yang dikenal warga Priok sebagai rapper ini melapiaskan kemarahannya dengan kata-kata sindiran

Ia mengatakan Menteri Yosanna salah menilai warga Tanjung Priok yang kriminal.

"Mau imbau pak menteri, salah menilai kita, kita memang nakal badan tatoan tapi tidak kriminal," katanya.

Dalam orasinya Erwin mengingatkan dampak buruk pernyataan Menteri Yosanna sebagai pejabat publik akan menyusahkan generasi muda Tanjung Priok mendapat pekerjaan.

"Asal bapak tahu, kriminal itu bukan dari kemiskinan, yang korupsi banyak tuh yang bukan dari kota kami," kata Erwin.

Erwin juga menyebut warga Tanjung Priok miskin karena salah pengelolaan pemerintahnya.

Tanjung Priok, lanjut dia, memiliki pelabuhan internasional dan industri bertaraf nasional maupun internasional.

"Asal bapak tahu, sekali kita tutup pelabuhan habis loo..," kata Erwin yang langsung disambut teriakan wuuu oleh para massa aksi.

Orasi juga disampaikan Bebizie penyanyi dangdut kurang terkenal yang lahir dan tinggal di Tanjung Priok.

Menurut Bebizie dirinya lahir dari keluarga baik-baik, punya abang yang bekerja sebagai pengusaha.

Ia menyebut warga asli Priok suka gotong royong, ada warga yang jatuh di jalan pasti ditolong.

"Sesekali Pak Yosanna diajak dangdutan di Priok, buah nanas buah kedondong, Pak Yosanna nyawer dong," kata Bebizie.

Penyanyi Dangdut hingga Cowok Tatoan Luapkan Amarah pada Yasonna Laoly  dengan Sindiran

 Massa aksi damai #221 Priok Bersatu makan bersama di sela-sela aksi damai di depan Kantor Kemenkumham, Jakarta Selatan, Rabu (22/1/2020)./Antara

Aksi Berjalan Damai

Selama kurang lebih 2,5 jam berorasi, massa aksi damai 222 Priok Bersatu memperlihatkan komitmennya tetap damai menjalankan aksi.

Massa memadati ruas Jalan Rasunan Said depan Kantor Kemenkumham, mereka memarkirkan sepeda motornya berjejer rapi di ruas jalan.

Walau rata-rata yang ikut aksi bertampang preman dan tatoan, tapi mereka memperlihatkan sikap ramah warga Tanjung Priok yang menghormati pengguna jalan maupun warga yang melintas di lokasi.

Massa juga makan bersama di lokasi aksi, dari sumbangan warga bukan dari bayaran.

Dengan santai mereka menikmati nasi bungkus dengan sambal hijau dan daging ayam serta tahu goreng secara bersama-sama duduk di pinggiran trotoar.

Baju yang tadi basah karena hujan kering di badan, tapi massa tetap solid mengikuti komando agar aksi tetap berjalan damai dan tertib. Beberapa kantong sampah juga tersedia di area aksi, tapi tetap ada juga beberapa sampah tersisih berserakan di jalan. Bahkan, saat ambulans melintas di Jalan Rasunan Said massa aksi dari komunitas escorting ambulance Jakarta Utara ikut membuka jalan.

Usai aksi massa membubarkan diri dan beramai-ramai mengucapkan terima kasih kepada aparat kepolisian yang telah mengawal aksinya dan saling bersalaman.

Penyanyi Dangdut hingga Cowok Tatoan Luapkan Amarah pada Yasonna Laoly  dengan Sindiran

Massa aksi damai #221 Priok Bersatu berorasi dari atas mobil komando di depan Kantor Kemenkumham, Jakarta Selatan, Rabu (22/1/2020)./Antara
 

Tuntuntan Maaf 2x24 jam

Ketika hujan mulai reda perwakilan massa aksi dipanggil masuk untuk menyampaikan aspirasinya.

Sayangnya, Menteri Yosanna Laoly yang diharapkan hadir bertemu perwakilan tidak ada di tempat, perwakilan massa hanya diterima oleh Kabag Humas Kemenkumham dan jajaran.

Tidak ada dialog yang terbentuk seperti yang diharapkan, hingga massa memberikan ultimatum agar Menteri Yosanna menyampaikan permintaan maafnya kepada warga Tanjung Priok dengan batas waktu 2x24 jam.

"Kita minta dan kita sudah sampaikan 2x24 jam pak menteri harus minta maaf. Kalau misalnya tidak minta maaf ya kami akan eskalasikan lagi aksi kami yang lebih besar," kata Kemal Abubakar koordinator aksi Priok Bersatu.

Pemicu Ketersinggungan

Pemicu warga Tanjung Priok tersinggung adalah pernyataan Menteri Hukum dan HAM Yosanna Laoly yang menyatakan Tanjung Priok kumuh, miskin dan kriminal.

Pernyataan itu disampaikan dalam sambutannya pada acara Resolusi Pemasyarakat 2020 Direktorat Pemasyarakatan (Dirjen PAS) di Lapas Kelas II A Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis (16/1/2020).

Dalam sambutannya itu, Yasonna mencontohkan bahwa anak yang lahir dari kawasan Tanjung Priok yang terkenal keras dan Menteng yang terkenal sebagai kawasan elite, akan tumbuh besar dengan cara berbeda.

"Yang membuat itu menjadi besar adalah penyakit sosial yang ada. Itu sebabnya kejahatan lebih banyak terjadi di daerah-daerah miskin. Slum areas (daerah kumuh), bukan di Menteng. Anak-anak Menteng tidak. Tapi, coba pergi ke Tanjung Priok, di situ ada kriminal, lahir dari kemiskinan," kata Yasonna.

Hari berikutnya Jumat (17/1/2020) Yosanna berharap penjelasannya tentang kriminalitas yang membandingkan wilayah Tanjung Priok, Jakarta Utara dengan Menteng, Jakarta Pusat dipahami secara utuh sehingga tidak salah dalam mengartikan.

Menurut Yasonna, penyebutan wilayah Tanjung Priok berkaitan dengan penjelasannya mengenai faktor kriminogenik (faktor penyebab munculnya tindak pidana) dalam kejahatan dengan mencontohkan orang yang dibesarkan di slum areas (permukiman kumuh) dengan di wilayah Menteng, Jakarta Pusat.

Tanjung Priok Sekarang

Walau pernah diberi label  sebagai kota yang keras kehidupannya, kini warga Tanjung Priok berbenah dengan semangat menjadi kota yang humanis dan terbuka untuk siapa saja yang datang.

Dalam pernyataan sikapnya massa aksi menyebutkan tidak tepat jika Tanjung Priok sebagai kota kriminal, kumuh, dan miskin.

Data BPS menyebut indeks kerawanan dan ketertiban, kriminalitas di Tanjung Priok pada tahun 2019 lebih rendah dibandingkan dengan Menteng, Jakarta Pusat.

Tanjung Priok berada di angka 12,83 persen sedangkan Menteng 15,58 persen.

Begitu pula data di kepolisian setempat menunjukkan penurunan angka penanganan kasus oleh Polres Metro Jakarta Utara yakni 1.695 kasus pidana pada tahun 2019.

Angka tersebut menurun tujuh persen dari tahun 2018 sebanyak 1.735 kasus tindak pidana. Di sektor ekonomi Tanjung Priok sebagai ikon kota Jakarta Utara saat ini memiliki tujug kompleks apartemen dan 18 kawasan elit.

Pembangunan GOR Jakarta International Stadion sedang proses, selain itu Tanjung Priok menjadi penopang perekomonian bagi bangsa Indonesia melalui pelabuhan bertaraf internasional.

Pelabuhan Tanjung Priok menjadi pintu masuk bagi 30 persen komoditas nonmigas badang
ekspor dan impor. Belum termasuk industri dan pabrik-pabrik.

"Tanjung Priok Jakarta Utara adalah kota dan daerah yang aman untuk berinvestasi," kata Kemal Abubakar koordintor massa aksi Priok Bersatu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper