Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Seleksi Kompetensi Dasar CPNS Kategori P1/TL Diumumkan Hari Ini

Pengumuman Seleksi Kompetensi Dasar akan diumukan hari ini. Selain peserta tes 2019, tiap instansi juga diminta mengumumkan daftar nama peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) kategori P1/TL.
Ilustrasi seleksi CPNS/Antara-R. Rekotomo
Ilustrasi seleksi CPNS/Antara-R. Rekotomo

Bisnis.com, JAKARTA - Pengumuman Seleksi Kompetensi Dasar akan diumukan hari ini. Selain peserta tes 2019, tiap instansi juga diminta mengumumkan daftar nama peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) kategori P1/TL.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) meminta seluruh instansi dapat mengumumkan terkait pelaksanaan SKD CPNS 2019. Pelaksanaan tes itu akan berlangsung mulai 27 Januari - 28 Februari 2020. 

Pelaksana Tugas Karo Humas BKN Paryono mengatakan bahwa tiap instasi yang membuka penerimaan mesti mengumumkan daftar nama peserta CPNS kategori P1/TL. 

“[Pengumuman disampaikan] baik secara online melalui website instansi dan ditempel pada papan pengumuman di setiap titik lokasi ujian sebelum jadwal SKD dimulai,” katanya melalui keterangan resmi, Senin (20/1/2020).

Ketentuan wajib mengumumkan daftar nama pelamar P1/TL ini sudah disampaikan kepada seluruh instansi melalui Surat BKN Nomor E 26-30/V 12- 6/99 perihal Tindaklanjut Peserta Seleksi CPNS P1/TL pada 17 Januari 2020. 

Adapun, pelamar Kategori P1/TL adalah peserta seleksi penerimaan CPNS tahun 2018 dan telah memenuhi nilai ambang batas/passing grade berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 37 Tahun 2018 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018.

Selain itu, peserta juga masuk dalam tiga kali formasi jabatan yang dilamar untuk dapat mengikuti SKB tahun 2018, namun dinyatakan tidak lulus sampai dengan tahap akhir sesuai Permenpan Nomor 23 Tahun 2019. 

“Selain itu pelamar P1/TL yang memilih menggunakan nilai SKD Tahun 2018 maka kualifikasi pendidikan dan formasi jabatan yang dilamar tahun 2019 dengan kualifikasi pendidikan pada saat melamar sebagai CPNS Tahun 2018 wajib sama,” ujarnya. 

Adapun total pelamar CPNS 2019 mencapai 4.197.218. Namun pelamar yang dinyatakan lulus syarat administrasi atau Memenuhi Syarat (MS) sejumlah 3.364.867. 

Peserta dengan status MS selanjutnya akan berkompetisi pada tahap berikutnya untuk mengisi 150.315 formasi CPNS 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rayful Mudassir
Editor : Akhirul Anwar

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper