Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Donald Trump Ceritakan Detik-detik Pembunuhan Qassem Soleimani

Presiden Donald Trump menceritakan rincian menit demi menit serangan AS yang menewaskan Jenderal Iran Qassem Soleimani selama pidatonya.
Presiden AS Donald Trump menyampaikan pernyataan tentang Iran. Dia didampingi Menteri Pertahanan AS Mark Esper, Kepala Staf Jenderal Angkatan Darat James McConville dan Kepala Staf Gabungan Jenderal Angkatan Darat Mark Milley di Foyer Besar di Gedung Putih di Washington, AS, 8 Januari , 2020./Reuters
Presiden AS Donald Trump menyampaikan pernyataan tentang Iran. Dia didampingi Menteri Pertahanan AS Mark Esper, Kepala Staf Jenderal Angkatan Darat James McConville dan Kepala Staf Gabungan Jenderal Angkatan Darat Mark Milley di Foyer Besar di Gedung Putih di Washington, AS, 8 Januari , 2020./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Donald Trump menceritakan rincian menit demi menit serangan AS yang menewaskan Jenderal Iran Qassem Soleimani selama pidatonya kepada para donor Republik di kediaman pribadinya di Mar-a-Lago, Florida Selatan

Pertama kali dilaporkan CNN, 17 Januari 2020, yang memperoleh rekaman audio ketika Trump, berbicara pada jamuan makan malam penggalangan dana GOP Jumat (17/1/2020) malam, menawarkan rincian baru tentang serangan yang menewaskan Jenderal Qassem Soleimani, yang memperburuk ketegangan di wilayah tersebut dan menyebabkan perselisihan yang sedang berlangsung dengan Kongres mengenai wewenang konstitusionalnya untuk melakukan perang.

Dalam pidatonya yang diadakan di dalam ballroom berlapis emas di Mar-a-Lago, ia mengklaim bahwa Soleimani mengatakan hal-hal buruk tentang Amerika Serikat sebelum serangan, yang menyebabkan keputusannya untuk mengesahkan pembunuhannya.

"Berapa banyak omong kosong ini yang harus kita dengarkan?" Trump bertanya pada hadirin. "Berapa banyak yang akan kita dengarkan?"

Trump tidak menggambarkan ancaman yang akan terjadi yang mengarah pada keputusannya untuk membunuh Soleimani, pembenaran yang digunakan oleh pemerintahannya setelah serangan itu.

Sebagai gantinya, dia menggambarkan Soleimani sebagai "teroris terkenal" yang berada di daftar teroris AS dan mengatakan Soleimani seharusnya berada di negaranya sebelum melakukan perjalanan ke negara-negara lain di wilayah tersebut.

Trump menggambarkan secara terperinci, menonton dari jauh ketika Soleimani tiba di Bandara Internasional Baghdad, di mana ia bertemu dengan pemimpin paramiliter Irak Abu Mahdi al-Muhandis, kepala Kataib Hizbullah.

Trump mengklaim secara keliru bahwa Soleimani bertemu "kepala Hizbullah". Sebagai catatan, kelompok Hizbullah Lebanon yang didukung Iran terpisah dari kelompok Kataib Hizbullah Irak yang dipimpin oleh Abu Mahdi al-Muhandis.

Dan dia mengklaim serangan yang dia setujui seperti menembakan "satu peluru untuk dua target sekaligus."

Donald Trump mengatakan di Mar-a-Lago bahwa Qassem Soleimani seharusnya dibunuh oleh presiden sebelumnya dan keputusannya sebagai salah satu pencegahan dan bukan agresi.

Trump melanjutkan dengan menceritakan kembali mendengarkan para pejabat militer ketika mereka menyaksikan serangan dari kamera-kamera yang berjarak beberapa kilometer di langit.

"Mereka sedang bersama-sama, Pak," kata Trump mengutip para pejabat militer kepadanya.

"Pak, mereka punya dua menit dan 11 detik. Tidak ada emosi. 2 menit dan 11 detik untuk hidup, Pak. Mereka di dalam mobil, mereka di dalam kendaraan lapis baja. Pak, mereka memiliki sekitar satu menit untuk hidup, Pak. 30 detik. 10, 9, 8...'," kata Trump.

"Lalu tiba-tiba, boom," dia melanjutkan. "'Mereka tewas, Pak. Selesaikan'."

"Saya berkata, di mana pria ini?" Trump melanjutkan. "Itu yang terakhir kudengar darinya."

Penghitungan terperinci Trump tentang serangan dibeberkan lebih dalam dari apa yang dia atau pejabat lainnya katakan tentang malam serangan. Serangan itu menyebabkan meningkatnya ketegangan di kawasan itu dan kekhawatiran AS dan Iran akan berperang.

Trump mengakui serangan itu pada Jumat, mengatakan serangan itu "mengguncang dunia."

"Dia seharusnya tidak terkalahkan," kata Trump tentang Soleimani.

Dalam sambutannya, Trump juga mengulangi klaim bahwa pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi meninggal "berteriak" setelah serangan AS di kompleksnya.

"Dia berteriak, jadi gila," kata Trump. Pejabat AS lainnya telah menolak untuk memberikan rincian lebih lanjut tentang detik-detik serangan al-Baghdadi.

Trump juga bercanda anjing Belgia Malinois yang membantu dalam serangan Baghdadi mendapat penghargaan lebih banyak dibanding yang dia perbuat untuk pembunuhan itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper