Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Perintahkan Menteri BUMN dan Menteri Keuangan Selamatkan Dana Nasabah Asuransi Jiwasraya

Juru bicara presiden Fadjroel Rachman mengapresiasi langkah Kejaksaan Agung, yang baru saja menetapkan dan menahan lima tersangka untuk kasus PT Asuransi Jiwasraya (Persero).
Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman./Antara
Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Juru bicara presiden Fadjroel Rachman mengapresiasi langkah Kejaksaan Agung, yang baru saja menetapkan dan menahan lima tersangka untuk kasus PT Asuransi Jiwasraya (Persero).

Para tersangka pelaku termasuk di antaranya adalah Benny Tjokro, Direktur Utama PT Hanson International; dan Mantan Direktur Keuangan PT Jiwasraya Harry Prasetyo.

"Penegakan hukum tanpa pandang bulu ini sesuai dengan prinsip politik hukum Presiden Joko Widodo bahwa hukum harus ditegakkan setegak-tegaknya karena Republik Indonesia adalah negara hukum bukan negara kekuasaan," kata Fadjroel dalam keterangan tertulis, Rabu (15/1/2020).

Meski tersangka telah ditetapkan, Fadjroel meminta penanganan kasus ini tetap berjalan. Terlebih adanya kepentingan masyarakat berupa dana nasabah yang harus diselamatkan.

Presiden Jokowi, ujar Fadjroel, mewanti-wanti agar dana ini bisa tetap selamat untuk mengurangi kerugian finansial.

"Arahan Presiden kepada Menteri BUMN dan Menteri Keuangan agar dipertimbangkan langkah-langkah terukur memenuhi penyelamatan dana nasabah."

Jiwasraya melakukan investasi pada aset-aset dengan risiko tinggi untuk mengejar keuntungan tinggi, di antaranya adalah penempatan saham sebanyak 22,4 persen senilai Rp 5,7 triliun dari aset finansial.

Dari jumlah itu, lima persen dana ditempatkan pada saham perusahaan dengan kinerja baik. Namun, sisanya 95 persen dana, ditempatkan di saham yang berkinerja buruk. Alhasil, akibat aksi tersebut Jiwasraya diduga membuat negara mengalami kerugian sebesar Rp13,7 triliun.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.Co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper