Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kisah Marzuki Alie Nyaris Tertipu Penjual HP Perintah Jokowi

Mantan Ketua DPR Marzuki Alie hampir tertipu oleh penjual ponsel melalui aplikasi pesan Whatsapp yang mengatasnamakan dirinya sebagai karyawan dari kantor PT. Khoirunshop.celular milik Kaesang, putra bungsu Presiden Joko Widodo.
Marzuki Alie./JIBI-Nurul Hidayat
Marzuki Alie./JIBI-Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - Mantan Ketua DPR Marzuki Alie hampir tertipu oleh penjual ponsel melalui aplikasi pesan Whatsapp yang mengatasnamakan dirinya sebagai karyawan dari kantor PT. Khoirunshop.celular milik Kaesang, putra bungsu Presiden Joko Widodo.

Penjual yang mengaku bernama Putri itu menawarkan hp dari segala merek dan tipe dengan harga terjangkau dan bebas pajak. Membaca hal tersebut Marzuki menolak dengan alasan ponselnya masih baru.

Namun Putri mengatakan bahwa Marzuki tidak boleh menolaknya karena merupakan perintah. Merasa terganggu, Marzuki pun meminta penjelasan dari Jokowi melalui cuitan di Twitternya pada Rabu, (15/1/2020).

"Saya dihubungi seseorang dari kantor Mas Kaesang, katanya ini perintah Pak @jokowi untuk membeli hp android. Saya agak terganggu, karena atas nama presiden, juga impor tidak bayar pajak. Apa benar berita ini, katanya siap dikonfrontir. Kalau produk lokal, saya percaya, tapi ini impor," tulis Marzuki.

Karena merasa namanya disebut-sebut, Kaesang pun menanggapi cuitan itu dan memberikan penjelasan bahwa itu bukan perusahaan miliknya. "Mohon izin pak, saya gak ada PT yang namanya Khoirun Shop Cellular," tulis Kaesang.

Mengetahui bahwa Kaesang sendiri yang menyatakan hal tersebut, lantas Marzuki langsung menghapus cuitan sebelumnya dan meminta maaf kepada seluruh pihak yang tersinggung. Rencananya ia juga akan segera menempuh jalur hukum supaya oknum tersebut tidak mengulanginya.

"Karena sudah ada klarifikasi dari mas Kaesang, maka tweet saya hapus, saya akan laporkan langsung ke polisi lewat twitter ini. Semoga @DivHumas_Polri respon karena mencemarkan nama presiden. No HP +62 819-3701-1171 nama Putri," balasnya.

Ia juga memberikan penjelasan bahwa tidak ada maksud buruk dengan melakukan hal tersebut. Ia hanya tidak terima jika nama presiden dicemarkan oleh oknum tidak bertanggung jawab.

"Ini mas nomornya +62 819-3701-1171 dia tunjukkan siapa-siapa saja yang beli. Memang kebetulan harganya murah dan masuk akal dapat dari lelang. Saya gak percaya dan tidak akan pernah beli. Yang masalah bagi saya, nama presiden yang dibawa bawa, ini sudah mencemarkan nama baik," tulis Marzuki.

Lantaran cuitan itu, Marzuki menjadi bahan olokan netizen. Mereka menilai sekelas Marzuki seharusnya tak mudah dibohongi dan menuliskan cuitan seperti itu. 

Ketika dihubungi Tempo, Marzuki dengan tertawa menjelaskan, bahwa sejak awal ia sudah mengetahui jika Putri hendak menipu dirinya. "Hanya dia pakai nama Pak Tjahjo Kumolo dan memberikan nomor yang dua-duanya memang benar nomornya Pak Tjahjo," katanya. 

Ia sendiri mengaku sebelum mencuit soal penipuan itu, sudah menghubungi beberapa nama yang disebut pejabat itu. "Sebelun mengetweet, saya sudah klarifikasi ke semua kok, sudah tahu, pada baper semua netizen yang merespons tweet saya itu, dikira saya bodoh," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Akhirul Anwar
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper